2

Jenis Jajanan Unik Untuk Usaha Kekinian

matabunda.com – Memiliki usaha di bidang kuliner memang sangat menjanjikan apalagi untuk para bunda yang ingin mengisi waktu luang, Beberapa jajanan tradisional, sederhana dan murah meriah pun dapat melejit apabila bunda pandai mengolahnya. sekarang ini kian maraknya berbagai jenis makanan dan jajanan dengan nama-nama aneh yang menarik perhatian konsumen untuk mencicipi bagaimana rasa dari jajanan tersebut. Tidak hanya dari segi nama saja, tahukah bunda? ternyata tampilan jajanan yang unik dan instgramable banyak diburu oleh kalangan muda, berdasarkan fenomena seperti itu seharusnya bunda yang akan membuka usaha kuliner sudah memiliki banyak ide jajanan unik untuk usaha seperti apa yang akan dipilih dan dikembangkan.

Sebelum menentukan jajanan unik untuk usaha, bunda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti:

1. Sasaran Pasar

Tentukan sasaran pasar di awal-awal perencanaan usaha yang akan bunda jalani, sasaran pasar disini apakah anak sekolah, mahasiswa, masyarakat umum, perkantoran dan lain sebagainya.

2. Harga

Pertimbangkan juga masalah harga, sesuaikan harga dengan sasaran pasaran. Jangan sampai memasang harga terlalu tinggi loh bun, apalagi jika sasaran pasarnya anak-anak sekolah.

3. Keadaan Pasar

Hal ketiga yang harus dipertimbangkan adalah masalah keadaan pasar, bunda dapat melihat bagaimana keadaan pasar, jajanan seperti apa yang banyak dijual dan yang paling banyak diminati konsumen, amati secara seksama sebelum akhirnya bunda menemukan ide membuat usaha jajanan yang akan dipilih.

Ketiga pertimbangan tersebut haruslah direncanakan secara matang, apabila perencanaan dan perisapannya saja tidak matang, maka akan berpengaruh pada hasil usaha yang akan dijalani. Menerapkan dan memilih jenis jajanan unik untuk usaha memang gampang-gampang susah, akan susah jika bunda tidak memiliki tingkat kekreativan yang mumpuni. Permainan nama, tampilan dan rasa haruslah seimbang, bunda tidak bisa hanya mengandalkan tampilan saja, jika rasanya kurang lezat maka konsumen pun hanya datang sekali dua kali saja jadi semuanya harus seimbang, termasuk juga masalah harga ya.

Baiklah, ketika tekad bunda sudah bulat untuk memulai usaha di bidang jajanan kuliner, berikut ini adalah beberapa jenis jajanan unik untuk usaha yang dapat dipilih:

1. Es Laksmana Mengamuk

Dilihat dari namanya sudah unik, es ini merupakan es khas kepulauan Riau, komposisinya hanya mangga, krim dan biji selasih. Air dari es ini berasa asam bercampur manis yang menyegarkan.

2. Hotang

Hotang yaitu telor dan kentang, jajanan satu ini terbuat dari kentang yang sudah dihaluskan atau diiris memanjang kemudian dikepal menjadi bulat pada sebatang lidi, dibalurkan telor dan di goreng. Hotang sangat cocok dijadikan jajanan pengganjal perut karena komposisinya kentang yang membuat kenyang.

3. Ubi Susu

Bahan dasarnya adalah ubi ungu yang dibuat booa-bola kemudian dogoreng, setelah itu dibalurkan susu, mesis, keju dan sebagainya. Jajanan unik ini sangat lezat tekstur lembut dari ubi berpadu dengan manisnya susu.

4. Infus Water

Jajanan unik yang terakhir adalah infus water, beberapa jenis buah-buahan direndam dalam air di botol dan dimasukkan dalam lemari es, minuman ini sangat menyehatkan sekaligus unik.

Berdasarkan sekian banyak contoh jajanan unik untuk usaha, keemapat jenis jajanan yang sudah disebutkan di atas adalah jajanan yang paling hits dan memiliki penggemar yang cukup banyak. Bunda dapat membuat usaha jajanan salah satu dari contoh di atas, atau mengembangkan jenis jajanan lain, selamat mencoba.

Pasca Sarjana Keuangan yang  juga merupakan seorang istri yang ingin berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi para bunda.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply