5 Tips Bunda Agar Anak Tidak Mudah Stres

Sending
User Rating ( votes)

Agar Anak Tidak Mudah Stres – Sama seperti orang dewasa kebanyakan yang dapat stres karena situasi tertentu, ada kalanya stres datang tidak hanya dari hal besar tetapi sering juga datang dari hal terkecil seperti mainan buah hati berantakan, kotor, dan lain sebagainya. Di sini anak juga dapat stres seperti orang dewasa, dengan permasalahan yang berbeda, agar anak tidak mudah stres biasanya bunda memberikan mereka apapun yang mereka inginkan, seperti gadget dan mainan baru lainnya.

Tentu hal ini sangat tidak mendidik, karena bunda juga harus memikirkan kesehatan anak karena paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya. Dan terutama berbahaya bagi mata anak dan membeli mainan juga dapat memunculkan sifat manja dan lambat memiliki rasa tanggung jawab. Kecuali bunda memberikan mereka mainan edukatif yang memang diperuntukan untuk mendidik (khusus anak usia 1-4 tahun).

Bicara soalnya stres, tentu bunda tidak ingin anak bunda tidak mudah stres. Sedikit-sedikit anak stres atau marah-marah karena satu hal yang tidak jelas. Mungkin hal ini dapat dipicu oleh kondisi lingkungan yang tidak baik, sehingga hal tersebut memicu anak untuk marah dan menangis. Reaksi stres sang buah hati pun berbeda dan memiliki ciri tertentu seperti mudah menangis akan hal tertentu. Merengek ingin dibelikan sesuatu, ataupun hanya karena mendengar suara yang keras disekitarnya.

Matabunda.com mencoba membuat bunda terhindar dari hal tersebut dengan memberikan tips supaya si baby tidak mudah stres.

5 Tips Bunda Agar Anak Tidak Mudah Stres

1. Jangan Memberikan Aturan Yang Berlebih

Memberi peraturan itu penting, tetapi jangan memberikan aturan yang berlebih kepada anak jika bunda ingin agar anak tidak mudah stres karena sebagai contoh jika bunda memiliki anak dengan usia 5 tahun, tentu anak usia ini sudah mahir bicara, bahkan berlari dan mulai mencoba merangkai kata-kata baru yang sudah pernah dia dengarkan.




Aturan yang wajar adalah aturan yang mendidik mereka dengan lembut yang pas dengan usia mereka, diantaranya tidak boleh tidur lebih dari jam 9 malam dan bermain ke luar rumah dengan menggunakan sandal ataupun latih mereka untuk membiasakan diri mereka merapikan mainan yang telah mereka gunakan dengan cara mencontohkannya. Peraturan tersebut sudah cukup untuk mereka yang baru berusia 5 tahun, karena dengan itu anak masih merasa senang dan hal tersebut membantu supaya buah hati anda tidak gampang stres.

2. Berikan Perhatian Lebih Kepada Anak

Dengan bunda memberikan mereka perhatian lebih kepada anak saat mereka mendapatkan prestasi sekecil apapun atau bahkan berikan mereka perhatian lebih. Walaupun mereka melakukan kesalahan merupakan hal-hal kecil agar anak tidak mudah stres, seperti ketika anak anda berhasil membuat coretan gambar. (yang menurut anak bunda adalah sebuah gambar tertentu). Maka berikanlah apresiasi dengan menunjukkan kebanggaan kepada mereka dan meminta mereka untuk menggambar hal lain sesuai imajinasi anak.

Bagaimana jika mereka melakukan kesalahan, apakah tetap diberikan perhatian lebih? Jawabnya adalah IYA ! Apapun yang mereka lakukan selalu berikan perhatian kepada mereka bahkan ketika mereka berbuat salah, seperti ketika mereka mulai mencoret-coret dinding rumah anda, maka anda bisa puji hasil karya nya dan berikan lah secarik kertas beserta pensil warna nya agar anak bunda berhenti mencoret tembok dan beralih ke kertas.

3. Selalu Tersenyum dan Senang Kepada Anak Bunda

Mungkin bunda sering sekali mendapati masalah baik itu masalah dari luar rumah bunda ataupun masalah yang datang dari rumah bunda seperti masalah dengan sang ayah dari anak bunda. Bunda harus bisa mengatasi setiap permasalahan yang ada dengan cara tetap tersenyum, jika masalah datang dari luar rumah bunda. Maka janganlah di bawa masuk mood jelek bunda ke dalam rumah karena jika bunda memasang raut wajah murung di depan sang buah hati, hal tersebut memiliki efek negatif kepada sang buah hati dan bahkan berdampak negatif pula ke sang ayah.

4. Selalu Sediakan Waktu Bunda untuk Bermain Bersama Anak

Anak-anak adalah usia di mana mereka bermain, segala pendidikan yang bunda ingin ajarkan kepada mereka.

Dapat dipahami bahwa setiap bunda memiliki aktifitas tersendiri, ada yang wanita karir, ada yang usaha sendiri, dan ada yang sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga, tetapi hal tersebut tidak mau dan tidak akan bisa dipahami oleh sang anak. Di sinilah bunda harus bisa mengatur waktu bunda dengan baik dan selalu sediakan waktu khusus untuk mengobrol dan mengajak anak bunda bermain.

Bunda bisa juga mengajak mereka jalan-jalan, ke Pantai, ke tempat permainan anak, ataupun pergi mengunjungi rumah saudara yang memiliki anak seumuran dengan anak bunda, tujuannya adalah agar selama di perjalanan mereka bisa mengobrol santai dengan bunda dan setiba nya di tujuan mereka bisa berkomunikasi dengan anak kecil lainnya.




5. Berikan Buah Hati Kualitas Tidur Yang Baik

Tidak sedikit bunda yang memperbolehkan anaknya tidur hingga di atas jam 9 malam dengan alasan bermacam-macam. Kualitas tidur terbaik untuk anak yaitu kurang lebih sekitar 8-9 jam, asumsi tidur pukul 9 malam hingga jam 5 pagi. Hal ini selain dapat melatih anak untuk terbiasa bangun pagi, tetapi dapat juga memberikan kesehatan bagi mereka karena kekurangan tidur. Dan tidur malam dapat memicu peningkatan stres yang akan mereka dapatkan kelak.

5 Tips Bunda Agar Anak Tidak Mudah Stres tersebut diharapkan bunda dapat memahami konsep sederhana untuk anak tidak gampang stres. Karena anak adalah cerminan orang tua nya, jika anak mudah marah, mudah menangis, dan bahkan membentak, tentu hal tersebut. Karena dipengaruhi oleh lingkungannya. Anak hanya meng-copy apa yang telah mereka perhatikan.

Baca Juga :   Perkembangan Bayi 3 Bulan Yang Wajib Bunda Tahu

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.