Penting Nih, Ayo Belajar Pendidikan Anak dan Orang Tua

Sending
User Rating ( votes)

Pendidikan Anak dan Orang Tua Membesarkan anak memang nggak mudah. Butuh banyak tenaga, waktu, dan uang. Ada satu hal lagi yang penting, yaitu ilmu. Mendidik sang buah hati butuh ilmu yang cukup.

Jangan sampai salah mengajarkan sesuatu. Bisa-bisa, hal itu jadi kebiasaan buruk sampai si kecil tumbuh besar. Karena itulah orang tua perlu belajar ilmu parenting.

Mulai dari cara memberi makan, cara melindungi, hingga cara mendampingi pertumbuhan anak. Tapi di mana ya belajarnya? Nggak perlu khawatir Bun, sekarang orangtua bisa belajar di mana-mana.

Mulai dari artikel di internet, video tutorial, sampai konsultasi langsung dengan orang-orang yang berpengalaman. Mau lebih lengkap? Bisa juga ikut program parenting yang diselenggarakan sekolah. Jadi sekaligus dapat pendidikan sang buah hati dan orang tua. Penasaran apa saja? Yuk simak satu per satu.

Pentingnya Pendidikan Anak dan Orang Tua

Salah satu program pendidikan anak dan orang tua adalah Hari Konsultasi. Kegiatan ini diadakan secara fleksibel di sekolah. Jumlah harinya disesuaikan dengan permintaan. Lewat program ini, Bunda bisa berkonsultasi dengan nyaman pada orang yang sudah berpengalaman.




Bingung cara mengajari si kecil untuk mandi sendiri? Tanyakan saja caranya. Bagaimana kalau bingung masak makanan sehat untuk anak? Pasti ada tips dan triknya, tinggal bertanya.

Bunda bisa mendiskusikan banyak hal dengan orang tersebut. Selain itu, Bunda juga bisa berbagai pengalaman dengan peserta lainnya. Lumayan untuk menambah teman seperjuangan.

Mau tahu apa saja yang dipelajari anak di sekolah? Tenang, sekarang ada program home education video. Pihak sekolah akan mengirim materi pelajaran anak dalam bentuk CD atau DVD.

Dengan begitu, Bunda bisa tahu sampai mana perkembangan belajarnya. Ini sangat penting untuk pendidikan anak dan orang tua. Anak tak hanya belajar dari sekolah. Tapi juga bisa belajar dengan orang tua di rumah. Pastikan memahami materinya dengan baik.

Jadi kalau anak nggak jelas dengan materi tertentu, Bunda bisa mengajarinya dengan baik. Nggak perlu menyewa tutor pribadi. Cukup diajari sendiri saat anak sedang mengerjakan PR.

Hiburan untuk Anak Sebagai Salah Satu Pendidikan

Masih ada berbagai pendidikan anak dan orang tua yang seru. Ingin lebih terlibat dalam pembelajaran anak? Ajak dia untuk mengikuti field trip. Program itu biasanya berupa kunjungan ke tempat-tempat penting seperti museum, bandara, hingga pelabuhan. Anak bisa belajar langsung sambil berwisata.

Mau mencoba program lain? Ada juga cooking on the spot untuk Bunda yang suka masak. Dalam program ini, anak akan diajari untuk menyiapkan dan menyajikan makanan.




Tentu berguna untuk membantu di rumah. Program lainnya adalah bazar day, yaitu bazar yang diadakan di sekolah. Anak akan diminta untuk menjual karya buatannya. Para orang tua yang datang dipersilakan untuk membeli.

Ada juga pendidikan anak dan orang tua yang lebih formal. Bunda bisa mengikuti seminar yang diadakan sekolah. Biasanya, materi yang dibahas adalah seputar parenting. Mulai dari nutrisi yang penting untuk anak, cara mengajari kebiasaan baik, sampai trik membuat anak rajin olahraga.

Pembicara yang diundang pun nggak main-main. Bisa tokoh penting, psikolog, dokter anak, dan sebagainya. Jadi informasi yang disampaikan lebih terpercaya. Nggak perlu lagi bingung cari-cari di internet. Cukup datang ke seminar dan menyerap ilmunya. Kadang acara ini gratis, kadang berbayar.

Tapi nggak sia-sia kok, Bun. Dijamin Bunda jadi lebih pandai dalam mendidik anak. Jangan lupa sampaikan ilmunya ke suami ya. Sebab mendidik anak adalah tugas istri maupun suami. Jadi harus kompak.

Baca Juga :   Program Parenting untuk Anak Penting Dipelajari Lho, Bun !




Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.