Cara Memasarkan Bisnis Online di Internet

Sending
User Rating ( votes)

Cara Memasarkan Bisnis Online Kemajuan teknologi memnag membawa perubahan yang besar bagi kehidupan manusia. Perubahan itu memudahkan setiap aktivitas yang kerjakan oleh manusia. Sama halnya dahulu ketika ingin memasarkan sebuah barang atau produk yang bisa dilakukan produsen hanya menjualnya secara konvensional.

Tetapi sekarang ini dengan kemajuan teknologi dibidang elektronik seperti gadget, leptop dll menjadikan banyak ritel atau usaha-usaha yang menjual produk mereka dengan cara memasarkan bisnis online. Sistem ini dianggap memberikan kelebihan plus dibandingkan dengan sistem konvensional.

Selain karena memang tidak memerlukan biasa besar untuk membuat ataupun menyewa sebuah ritel juga karena efisiensi dari waktu yang mempermudah semua orang. Apalagi mereka yang memiliki aktivitas padat dan tidak sempat untuk berbelanja secara langsung  karena tidak ada waktu. Itulah kenapa bayak sekali orang yang lebih memilih berbelanja secara online.

Memasarkan bisnis secara online sebenarnya bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun termasuk para pemula bisnis, asalkan kita mau belajar. Biaya yang dibutuhkan  sangat sedikit nyaris tanpa modal usaha. Cukup menggunakan satu unit PC atau juga bisa menggunakan gadget dan berlangganan internet realtime 24 jam. Pelaku usaha sudah bisa memasarkan produknya secara online

Cara Memasarkan Bisnis Online

Cara Memasarkan Bisnis Online

Cara Memasarkan Bisnis Online




Nah ini ada beberapa strategi pemasaran bisnis di internet yang mungkin bisa kalian coba dn praktek-kan :

1. Melalui Website atau Blog Sendiri

Jika mempunyai situs web atau blog mungkin akan lebih leluasa untuk memasarkan bisnis kalian. Seperti yang dilakukun banyak perusahaan pada umumnya mereka menggunakan situs untuk menunjukkan siapa dirinya. Begitu pula anda bisa menggunakan website untuk memperkenalkan tentang bisnis apa yang kalian kelola, juga bisa memanfaatkan blog guna membuat toko online.

Baca Juga :   Jenis Jajanan Unik Untuk Usaha Kekinian. Nomor 4 Kekinian Banget !

2. Promosi di Web Orang Lain dengan Komentar

Cukup dengan berkunjung di web atau blog orang lain kemudian anda berkomentar disana dengan menawarkan produk- produk anda yang membuat pembaca artikel juga akan membaca di komentar tersebut.

3. Membuat Toko Online

Toko online adalah media paling bagus untuk menjalankan bisnis ini, karena kita bisa memasarkan produk kita secara keseluruhan dan lebih efektif tentunnya. toko online bisa dibuat atau juga bisa menggunakan jasa pembuatan toko online dengan harga yang variatif dari 300.000-1000.000.




4. Lewat Jejaring Sosial

Manfaatkan situs jejaring sosial guna memasarkan bisnis kalian. Cari jejaring sosial dengan komunitas besar seperti facebook misalnya. Siapa yang tidak mengenal facebook dengan jutaan orang yang telah bergabung di dalamnya. Anda bisa melakukanya melalui update status atau komunikasi secara langsung melalui chat.

Keuntungan yang bisa diperoleh dengan sistem marketing online ini. Ada 11 keuntungan yang bisa dinikmati oleh produsen ketika menggunakan cara memasarkan bisnis online.

Keuntungan Online Marketing

Adapun keuntungan sebagai berikut :

  1. Tanpa batas waktu
  2. Tanpa batas waktu
  3. Efisiensi biaya operasional
  4. Kemudahan dalam strategi pemasaran produk
  5. Kemudahan manajemen dan organisasi
  6. Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan
  7. Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia
  8. Produktifitas meningkat
  9. Memudahkan melakukan Riset Pemasaran
  10. Memberikan keuntungan yang tidak terbatas
  11. Kemudahan Pengawasan

Namun disamping berbagai kelebihan yang ditawarkan ternyata cara memasarkan bisnis online ini juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis utamanya bagi mereka yang baru saja membuka usaha. Beberapa kekurangan dari bisnis sistem online ini :




1. Impersonal

Salah satunya kelemahan yang bisa diperdebatkan untuk menjamurnya Internet dalam bisnis modern adalah bahwa beberapa korespondensi antara pelanggan dan bisnis dapat menjadi impersonal. Ketidakpuasan terhadap pelayananan tidak bisa dilakukan secara langsung.

Baca Juga :   Resep Jajanan Murah untuk Dijual Ini Bisa Menguntungkan Bunda

2. Tidak Mencoba Sebelum Membeli

Dalam dunia ritel online “mencoba sebelum membeli” tidak mungkin dilakukan. Peritel online telah mencoba untuk mengimbangi ini dengan mengizinkan pengguna untuk meninjau produk dan dengan memajang foto dan video produk yang sedang beraksi, namun masih ada beberapa hal yang lebih baik dibeli atau diakses orang.

3. Kompetisi

Pengecer online lebih banyak memiliki persaingan di dunia ritel Internet.

4. Produktifitas

Jika anda mengoperasikan toko fisik dan memiliki jam operasi. Anda tahu jadwal bisnis Aada dan tahu kapan anda harus bekerja. Namun, Internet adalah operasi 24/7, artinya bisnis anda selalu terbuka.

5. Kredibilitas

Itu tidak berarti bahwa semua bisnis online hanya kekurangan kredibilitas, namun mengetahui bahwa perusahaan juga memiliki lokasi fisik yang menurunkan bendera merah dari sudut pandang kredibilitas

6. Pelayanan pelanggan

Banyak bisnis online telah menerapkan fitur chatting Web untuk membantu pelanggan keluar dengan pertanyaan saat mereka berbelanja, namun layanan pelanggan masih banyak dilakukan melalui email, melalui telepon atau surat siput.

Meskipun hal ini dapat efektif untuk beberapa item dan pertanyaan pelanggan, tidak ada gunanya komunikasi tatap muka yang anda dapatkan dari berbicara dengan rekan di toko.

7. Konektivitas Internet

Kalian bisa tahan kehilangan banyak waktu dan uang jika, entah mengapa, situs web anda bisa mengalami error dan tidak dapat diperbaiki berjam-jam, atau bahkan berhari-hari.

Hal ini dapat menyebabkan pelanggan potensial dibujuk untuk tidak membeli produk dari anda jika mereka menerima pesan kesalahan saat mencoba mengunjungi situs web anda, dan mereka dapat mengkomunikasikan pengalaman buruk mereka dengan teman dan keluarga.

8. Kurangnya Interaksi

Dengan hadirnya anggota staf fisik dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Hal ini dapat mengesankan pembeli dan meminta mereka untuk membagikan pengalaman positif mereka kepada orang lain.

Baca Juga :   Beberapa Bisnis Rumahan Tanpa Modal untuk Bunda

Beberapa pembeli mungkin lebih memilih interaksi tatap muka, dibandingkan dengan membeli barang secara online. Anda mungkin berjuang untuk mengembangkan hubungan yang bermakna dengan pembeli saat anda menjalankan bisnis online.

Cara menjual produk atau barang dengan sistem online ini memang begitu banyak mmeberikan kelebihan namun juga perlu diperhatikan oleh para konsumen untuk tetap selektif dan memilih ritel online yang benar-benar bisa dipercaya takutnya jika adanya penipuan yang bisa merugikan kalian sendiri.

Cara memasarkan bisnis online di internet yang mudah inilah salah satu lasan kenapa produsen suatu produk untuk memilih bisnis online tersebut.

Bisnis online yang sangat banyak dan menjamur pada masa sekarang ini karena memang cara pemasaran bisnis online ini bisa dibilang efektif dan cepat menghasilkan. Karena anak-anak muda yang tidak suka datang langung kepasar dan harus capek-capek berdesak-desakan dengan orang lain tentunya lebih memilih berbelanja suatu barang lewat sistem online.

Ongkos kirim yang free menjadi salah satu daya taris yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis online ini. Belum lagi sekarang ini anak-anak muda kemanapun dan dimanapun selalu memainkan gadget-nya hanya dengan satu kali klik barang merek bisa segera tiba dialamat yang mereka cantumkan.

Nah sedikit ulasan tentang cara memasarkan bisnis online yang penusi sampaikan. Semoga dengan oinformasi ini mampu memberika sedikit gambaran tentang bisnis online, jadi kalian para pemula yang ingin terjun dalam bisnis ini tidak perlu khawatir tinggal praktek-kan saja maka semuanya beres.

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.