Ini Dia Cara Mengajarkan Anak Untuk Meminta Maaf

Sending
User Rating ( votes)

Cara Mengajarkan Anak Meminta Maaf РSetiap anak mempunyai karateristik yang beda-beda. Baik itu dalam hal sifat dan kelakuan. Mempunyai buah hati yang sulit minta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang baru dikenalnya adalah hal yang kelihatan biasa tapi sebenarnya adalah masalah.

Jika dibiarkan keterusan akan meresahkan orang tua. Dan bila dia dewasa tentu akan tak baik untuk kehidupannya kelak. Baik dalam pergaulan maupun bermasyarakat. Kali ini kita akan berbagi kiat dan trik untuk menghadapi anak yang mempunyai sifat seperti itu. Simak yah, berikut ini adalah beberapa Cara Mengajarkan untuk Anak Meminta Maaf dan mengucapkan terimakasih kepada orang lain.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Meminta Maaf

Memang diakui, salah satu hal sulit yang diajarkan kepada anak Bunda apalagi yang berusia 6 tahun adalah minta maaf dan mengucapkan terima kasih.

Hal-hal yang diajarkannya bila dilakukan tidak memberikan efek apa-apa. Cukup sering kita jumpai saat mereka mengatakan terima kasih atau minta maaf, reaksi orang tua biasa-biasa saja. Jika itu yang terjadi maka bisa dipahami bila si kecil bersikap demikian.

Kenyataan tersebut seharusnya bisa menyadarkan para orang tua agar anak terbiasa minta maaf yang baik atau berterima kasih perlu dilakukan pembiasaan dan reaksi positif dari orang tua di sekitarnya.




Jika anak tidak mau minta maaf dan berterima kasih, anak tetap harus dibiasakan untuk minta maaf saat melakukan kesalahan. Ini penting dilakukan, karena merupakan pembelajaran dan pengetahuan untuk si anak tentang nilai dan manfaat dari minta maaf dan ucapan terima kasih.

Permintaan maaf menjadi jalan bagi anak untuk keluar dari rasa bersalah. Lewat cara ini diharapkan ia menyadari kesalahan dan muncul usaha untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi. Selain itu minta maaf merupakan sarana untuk melepaskan ketegangan, karena suasana sering kali menjadi tidak nyaman saat mereka telah melakukan kesalahan.

Dengan ungkapan maaf, mereka yang tadinya marah dan bermuka masam menjadi cair dan tersenyum. Cobalah membiasakan anak bagaimana cara meminta maaf yang baik, bukan hanya menyuruhnya saja. Ajak pula ia untuk melihat reaksi orang lain yang mungkin terlibat dalam masalah.

Cara mengajarkan anak untuk meminta maaf dan mengucapkan terima kasih, orang tua perlu memberikan apresiasi positif kepada anak secara terbuka saat ia minta maaf dan mengucapkan terima kasih. Ingatlah, sikap atau perilaku orang tua merupakan contoh yang efektif bagi si kecil.

Baca Juga :   Penting Nih, Ayo Belajar Pendidikan Anak dan Orang Tua

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.