Cara Menurunkan Demam Anak yang Ampuh

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Cara Menurunkan Demam Anak yang Ampuh

Cara Menurunkan Demam Anak – Mengharapkan sang buah hati selalu dalam kondisi yang sehat memang merupakan sebuah keinginan bagi setiap ibu. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa pada tubuh anak, sistem kekebalan tubuh belum terlalu kuat seperti pada orang dewasa. Anak dapat dengan mudah terserang penyakit dan kecapekan padahal usia dini anak selalu ditandai dengan kegiatan-kegiatan aktif karena sistem motorik anak kecil yang memang energik. Penyakit yang paling sering diderita sang buah hati pada umumnya adalah demam.

Demam biasa yang kurang dari tiga hari masih bisa diatasi dengan pengobatan rumahan seperti hanya dengan memberikan obat sirup penurun demam. Namun bagaimana sih cara menurunkan demam yang ampuh apabila kondisi demam sangat tinggi, melebihi 37 derajat Celcius, dan berlangsung lebih dari tiga hari?

Demam tinggi ini tentu sangat mengkhawatirkan ibu. Berbagai cara agar demam turun secara rumahan sepertinya sulit untuk mengembalikan kondisi sehat pada sang buah hati. Sang buah hati akan mengalami penurunan suhu demam ketika pagi hari namun tiba-tiba melonjak tinggi ketika malam hari. Sang buah hati pun menjadi tidak bisa tidur dengan nyenyak dan cenderung menjadi rewel dan menangis karena merasa sangat menggigil dan tersiksa.

Cara menurunkan demam yang pertama adalah dengan mengandalkan tindakan pertolongan pertama, yaitu dengan mengkompres menggunakan air hangat. Tindakan ini tidak dapat melawan bakteri atau virus yang menyebabkan demam pada anak, namun setidaknya tindakan mengkompres dapat meredakan suhu sementara waktu dan menciptakan kondisi nyaman sehingga anak dapat tidur dengan tidak begitu menggigil. Yang perlu diperhatikan ketika anak mengalami demam adalah tidak memberikannya pakaian yang tebal karena pakaian yang tebal akan mengembalikan suhu panas yang telah dikeluarkan oleh tubuh sehingga tidak bisa dilepas ke udara. Berikan saja pakaian yang tipis tapi menutupi seluruh tubuh.

Bunda bisa juga memberikan cukup selimut untuk menutupi seluruh permukaan kulit kecuali wajah agar hawa dingin tidak menyerang tubuh anak. Pada pagi harinya, ketika mandi, sebaiknya Bunda menyediakan air hangat karena mandi dengan air dingin justru dapat menaikkan kembali suhu demam anak.




Selanjutnya, memberikan anak konsumsi air putih yang banyak adalah cara menurunkan demam yang cukup efektif. Ketika demam terjadi, suhu tubuh anak akan meninggi dan terjadi pembakaran yang lebih banyak sehingga tubuh akan mengalami metabolisme yang tidak seimbang dan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Bunda juga bisa memberikan minuman manis dan dingin atau es krim untuk mendinginkan suhu tubuh anak dari dalam. Hindari pemberian minuman yang mengandung soda dan kafein.

Pemberian minuman manis ini sangat membantu untuk memberikan pasokan energi karena pada umumnya, ketika sakit anak akan menjadi sulit makan sebab kehilangan nafsu makan. Sebisanya, pancinglah anak agar tetap makan karena dengan tidak makan, maka sama saja akan memperlambat proses pemulihan atau penyembuhan.

Cara menurunkan demam yang terakhir adalah dengan memberikan obat paracetamol yang memiliki fungsi penurun panas sebagai tindakan pertolongan pertama. Bunda bisa meminta rekomendasi obat sirup demam yang disukai anak dan bekerja efektif kepada petugas apotek. Karena biasanya, anak sangat sulit untuk meminum obat, maka dengan obat berupa sirup manis, diharapkan anak akan bersedia untuk meminumnya.

Setelah itu, Bunda bisa membawa anak Bunda untuk diperiksa di dokter apabila panas masih belum juga turun dan atau anak menunjukkan gejala penyakit yang lain seperti muntah karena dikhawatirkan ada diagnosa penyakit yang lain seperti typus, malaria, demam berdarah, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Ini Loh Bunda : Penanganan Diare Pada Anak

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.