Ini Dia Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil

Sending
User Rating ( votes)

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil – Beberapa hal yang seharusnya anda perhatikan saat hamil merupakan suatu bagian dari informasi yang seharusnya dapat dipahami dan sudah diketahui oleh bunda. Adapun ini dapat dijadikan rujukan informasi bunda untuk segera dikonsultasikan kepada dokter jika bunda mengalami hal-hal tersebut.

Kehamilan adalah hal yang membahagiakan, tapi juga sangat bermasalah bagi bunda pertama kali. Kali ini matabunda.com akan coba membahas Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil.

Anda bisa mendapatkan tes kehamilan dan mendengar detak jantung bayi pertama pada kehamilan 10 minggu. Ini benar-benar perasaan bahagia yang tidak ada kata-kata yang cukup untuk dijelaskan.

Namun, kehamilan bukanlah hal yang sederhana. Ada puluhan masalah yang akan dihadapi seorang bunda di kehamilan lebih dari 9 bulan untuk memastikan kesehatan dan janinnya sendiri di dalam rahim.

Apakah Anda ingin bayi lahir dalam kondisi penuh, dengan berat badan yang sehat? Apakah Anda ingin anak Anda tidak menghadapi risiko penyakit di rahim dan dilahirkan sehat? Apakah Anda ingin mengurangi risiko operasi caesar daripada melahirkan? Hal-hal penting berikut dapat membantu Anda :




Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil sangat penting untuk diketahui, terutama saat Anda hamil untuk pertama kalinya dalam hidup.

1. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Tanda-Tanda Kehamilan

Anda dan suami Anda sangat menginginkan anak, kegembiraan yang berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan kebingungan tanda-tanda kehamilan dasar.

Cara termudah dan paling efektif untuk mendiagnosis kehamilan di rumah adalah menggunakan test strip. Dapatkan apotek terdekat dan membelinya.

Kapan pun Anda memiliki gejala yang meliputi mual, sakit punggung, mood swings, nyeri dada, pembesaran payudara, mengidam beberapa makanan khusus seperti asam dan rasa sakit. Gunakan tes kehamilan untuk memastikan apakah Anda hamil.

Strip tes meski sering menghasilkan hasil yang akurat, namun terkadang juga memiliki tingkat kesalahan tertentu. Menerapkan strip tes dengan sampel urin pertama segera setelah Anda bangun di pagi hari, dan menggunakan lebih dari satu strip tes akan mengurangi kejadian kesalahan tingkat rendah ini.

Jika strip tes menunjukkan Anda tidak hamil, namun gejalanya tidak berhenti, yaitu saat Anda harus menemui dokter.

Dokter Anda dapat dengan mudah mendiagnosis kehamilan dan membuat penilaian dasar tentang kehamilan Anda.




2. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Rutin Check Up

Banyak pasangan pergi ke dokter kandungan bahkan sebelum merencanakan kehamilan, yang membantu memastikan bahwa kehamilan bebas dari komplikasi dan bahwa tubuh bunda cukup sehat untuk kehamilan sehat.

Setelah Anda dikonfirmasi saat hamil, penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur.

Memilih dokter kandungan yang berkualifikasi tinggi, pemeriksaan janin setidaknya sebulan sekali akan membantu memastikan kesehatan bunda dan anak. Mereka juga bisa memantau bayi, memberikan peringatan dan arahan penting untuk risiko apapun.

3. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Perhatikan Diagnosa Medis Di Keluarga

Perhatikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi janin di perut, termasuk gen. Banyak kondisi berbahaya dapat berkembang pada tubuh bayi dengan mewarisi gen abnormal dari orang tua, kakek atau nenek.

Jika keluarga Anda mengalami kelainan genetik, mintalah nasihat medis sebelum Anda berencana untuk hamil.




Jika Anda hamil dan memahami tanda kehamilan serta memiliki riwayat genetik predisposisi keluarga, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang tindakan untuk membatasi dan memantau jika terjadi pada janin. tidak

4. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Vaksinasi Bunda Sangat Penting

Anda harus mendapatkan vaksin HPV sekitar 6 bulan sebelum Anda berencana untuk hamil. Dapatkan suntikan flu sekitar 2 bulan sebelum Anda hamil.

Selama kehamilan, Anda juga harus divaksinasi terhadap tetanus.

5. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Penentuan Usia Gestasi

Kehamilan dibagi menjadi 3 tahap, masing-masing dengan 3 bulan kehamilan. Setiap tiga bulan disebut seperempat. Dan kehamilan dibagi menjadi 3 trimester.

Pada setiap tahap, wanita tersebut mengubah perubahan fisiologisnya dalam bentuk perubahan hormonal, tekanan darah, respirasi dan metabolisme.

Menentukan waktu yang tepat dalam kehamilan dapat membantu bunda mempersiapkan diri secara psikologis untuk perubahan dalam tubuh dan kepribadian. Ini juga membantu wali memiliki wawasan lebih.

Kehamilan juga akan memberitahukan tanggal lahir pasti dan jika ada bias tidak berfluktuasi terlalu banyak.

Kehamilan bisa dihitung dengan periode menstruasi. Tapi bunda dengan siklus menstruasi yang tidak teratur harus didiagnosis oleh dokter mereka.

Dokter Anda akan menggunakan ultrasound, mengukur panjang dari atas ke bagian bawah janin, ukuran ini disebut CRL dan akan digunakan untuk menentukan usia gestasi.

6. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Perdarahan Vagina Saat Hamil

Perdarahan vagina biasanya terjadi hanya pada awal kehamilan, saat telur bergerak menyusuri tuba falopi ke rahim bunda. Darah ini biasanya berwarna coklat atau pink dengan warna merah normal darah menstruasi.

Darah vagina juga bisa mengalir dan memberi sinyal bahwa sudah sampai pada saat melahirkan.

Selain itu, ada masalah dengan perdarahan vagina yang terjadi saat kehamilan akan menandakan kelainan dan harus diperiksa oleh dokter sesegera mungkin.

7. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Berat Badan Selama Kehamilan

Kebanyakan bunda sangat ingin mendapatkan berat badan selama kehamilan dan ingin menurunkan berat badan segera setelah lahir.

Berat badan, bagaimanapun, adalah gejala yang sangat normal dalam kehamilan, yang bahkan lebih penting bagi kesehatan bunda dan perkembangan janin normal.

Penambahan berat badan kurang lebih tergantung pada kondisi bunda dan bunda hamil sebelum melahirkan.

Yang lebih penting daripada berat badan adalah kesehatan bayi, sehingga Anda bisa diet sehat namun tidak pernah lupa untuk memastikan nutrisi yang memadai untuk kesehatan bayi.

8. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Memperhatikan makanan saat Bunda Hamil

Bunda harus makan makanan yang sehat dan higienis untuk memastikan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin.

9. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Latihan

Kebiasaan berolahraga setiap hari memastikan tubuh Anda lebih efisien dan lancar. Jika Anda bekerja di kantor dan sering harus duduk terus-menerus, perhatikan waktu Anda dengan seksama.

Berjalanlah selama 20 sampai 30 menit setiap hari untuk bersantai dan bersantai secara spiritual maupun fisik.

Olahraga sangat penting selama kehamilan, yang membantu meningkatkan daya tahan otot dan memudahkan Anda mengatasi masalah persalinan.

Menurut penelitian ilmiah, olahraga juga membantu janin dalam kandungan berkembang menjadi lebih sehat dan lebih komprehensif.

10. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Masalah Kehamilan

Morning sickness adalah salah satu masalah yang membuat wanita hamil tidak nyaman. Selama masa ini, wanita mungkin merasa mual, sembelit, nafsu makan bisa mempengaruhi keseimbangan gizi.

Kehamilan juga bisa menyebabkan nyeri punggung, nyeri dada, sakit tenggorokan, dan perasaan berat bertambahnya jumlah minggu.

Untuk membatasi masalah ini, cara yang paling efektif adalah dengan menerapkan pola makan sehat bersamaan dengan rutinitas olah raga rutin setiap hari untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

11. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Bolehkah Berpergian Selama Kehamilan?

Bepergian akan membantu Anda rileks dan rileks, tapi juga membawa risiko tertentu selama kehamilan.

Anda bisa bepergian tapi jangan pergi jauh dan perjalanan singkat. Lokasi harus datar, lembut, hindari memanjat dan berenang ombak besar.

Jika Anda memiliki kondisi medis atau masalah, jangan bepergian saat Anda sedang hamil:

  • Telah mengalami keguguran
  • Kehamilan kembar atau lebih
  • Tekanan darah tinggi
  • Gestational diabetes
  • Serviks lemah
  • Perdarahan vagina saat hamil
  • Anggap masalah prenatal lainnya
  • Prognosis untuk kehamilan ektopik
  • Harus diresepkan oleh dokter Anda untuk istirahat.

Anda juga harus menempuh perjalanan selama trimester kedua, yaitu dari 4 sampai 6 bulan hamil. Hindari trimester pertama (trimester 1) dan trimester kedua (trimester ke-3).

12. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Tinggalkan Kekhawatiran Tentang Pekerjaan

Kehamilan dapat mempengaruhi pekerjaan Anda. Sebenarnya, banyak bunda kehilangan pekerjaan setelah melahirkan dan menerima tunjangan bersalin.

Jangan khawatir terlalu banyak tentang ini, bayi Anda penting. Anda bisa memulai karir Anda lagi setelah beberapa tahun ketika anak Anda bisa bersekolah.

13. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Bersiaplah Untuk Melahirkan

Bicaralah dengan dokter Anda dan temukan rumah sakit yang sesuai dimana Anda akan memiliki bayi. Sebagian besar rumah sakit dari tingkat kabupaten dan di atas memiliki fasilitas kebidanan dan ginekologi, yang sangat populer dan tidak memerlukan banyak keahlian dari para dokter.

Namun, disarankan untuk memilih rumah sakit besar dengan keahlian tinggi. Bersiaplah dengan potensi risiko.

14. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Bagaimana Tanda Akan Melahirkan?

Anda akan diberitahu oleh dokter dan Anda harus pergi sebelum 10 sampai 20 hari.

Tanda-tanda dasar persalinan adalah kram perut, yang meningkatkan intensitas dan ritme sampai Anda melahirkan.

Cairan ketuban juga keluar dari vagina jika kantung amniotik pecah, dan Anda perlu dibantu oleh dokter sesegera mungkin jika rusak.

15. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Belanja Sebelum Kelahiran

Anda harus menyiapkan pakaian, selimut, botol susu … untuk siap melahirkan tepat setelah kelahiran. Periksa daftar persediaan yang diperlukan untuk bayi Anda di sini.

16. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil : Pelajari Lebih Banyak Informasi Untuk Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Setelah melahirkan, Anda telah menjadi seorang bunda. Anda akan merasa senang tapi disertai dengan itu juga banyak masalah yang menyebabkan tekanan. Pelajari dasar-dasar untuk merawat bayi Anda mulai sekarang, jadi jangan lewatkan pekerjaan baru Anda.

Intinya adalah bunda harus siap dan harus paham akan hal-hal yang harus diperhatikan saat hamil, sekecil apapun tanda kehamilan yang dirasakan tersebut maka bunda harus berkonsultasi kepada dokter sebelum mengambil tindakan lebih jauh. Baik tanda kehamilan secara positif yang bunda rasakan ataupun tanda kehamilan lainnya yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan bunda.

Baca Juga :   Pusing Saat Hamil, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobatinya

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.