Ini Dia Makanan Sehat Saat Menyusui Sang Baby

Sending
User Rating ( votes)

Makanan Sehat saat Menyusui Menyusui merupakan tahap yang penting bagi ibu dan juga bayi. Kualitas air susu ibu (ASI) adalah yang terbaik untuk pertumbuhan bayi Bunda, bahkan jika dibandingkan dengan susu formula. Selain alami, ASI memiliki kandungan gizi yang lengkap serta antibodi alami yang sangat berguna untuk pertumbuhan bayi.

ASI juga lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi daripada susu yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa memberikan ASI adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan seorang ibu untuk bayinya yang merupakan makanan sehat saat menyusui.

Makanan Sehat saat Menyusui

Makanan Sehat saat Menyusui

Untuk mendapatkan kualitas air susu ibu yang terbaik, gizi ibu menyusui menjadi hal penting untuk diperhatikan. Gizi ibu menyusui akan menentukan kualitas air susu ibu. Saat menyusui, ibu harus makan makanan dengan gizi yang seimbang.

Makanan Sehat saat Menyusui itu harus cukup mengandung kebutuhan nutrisi tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein,vitamin dan mineral terutama kalsium (untuk kesehatan tulang bayi).




Ibu harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Selain itu, minum air putih yang cukup juga penting untuk dilakukan. Pilihlah air putih yang telah terjamin kebersihannya.

Dengan menjaga pola makan dan minum, gizi ibu menyusui akan terpenuhi. Gizi inilah pula yang akan diberikan ke bayi melalui pemberian ASI yang berpengaruh pada perkembangan otak bayi.

Memang porsi makan dan kebutuhan kalori ibu menyusui lebih besar daripada wanita pada umumnya. Tapi hal ini tidak menjadi masalah tatkala tujuannya adalah untuk mendapatkan kualitas air susu ibu yang terbaik untuk sang bayi.

Hal yang Harus Diperhatikan

Selain memperhatikan gizi ibu menyusui dan kualitas air susu ibu, cara menyusui bayi juga perlu diperhatikan. Cara menyusui bayi yang terutama adalah harus membuat sang bayi merasa senyaman mungkin sehingga bayi dapat menyusu dengan baik.

Lebih dianjurkan untuk menyusui bayi dengan posisi ibu duduk. Yakni dengan meletakkan bayi di pangkuan, menahan kepala serta leher bayi dengan siku dalam serta menahan pantat bayi dengan telapak tangan. Dan kemudian, mengarahkan bayi ke puting susu.

Kegiatan menyusui akan membuat bayi merasa aman karena berada dalam dekapan sang ibu dan mendapatkan makanan utamanya, selain tentunya meningkatkan hubungan antara ibu dan anak.

Demikianlah tadi ulasan singkat kita kali ini mengenai Makanan Sehat saat Menyusui. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita dalam memenuhi kebutuhan asupan ASI buah hati kita. Semoga bermanfaat, terimakasih.




Baca Juga :   4 Tips Cerdas Untuk Merawat Dan Menjaga Anak

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.