Cara Yang Paling Efektif Untuk Membersihkan Plak Pada Gigi Bunda

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Membersihkan Plak Pada Gigi Plak terus terbentuk di rongga mulut, yang merupakan penyebab utama pembentukan gigi. Berikut adalah 5 cara untuk membersihkan kotoran membandel pada gigi yang paling efektif.

Padahal, orang sering sulit membedakan plak gigi dengan karang gigi. keduanya benar-benar berbeda.

Plak adalah film tak berwarna yang tersusun dari bakteri yang tak kasap mata dan tidak dapat dilihat. Mereka terus-menerus terbentuk di permukaan gigi, di mana banyak lapisan plak tetap ada, plak bergabung dengan bahan kimia dalam air liur dan membentuk karang.

Bentuk plak pada karbohidrat (gula dan pati) biasanya ditemukan pada susu, minuman ringan, buah kering, kue atau permen yang diendapkan di permukaan gigi.

Bakteri yang tersedia di rongga mulut berkembang saat makanan ini ditemukan, proses reproduksi bakteri akan menghasilkan asam, yang menghancurkan enamel yang mengakibatkan kehilangan gigi dan banyak penyakit gigi lainnya seperti kerusakan gigi




Plak jika tidak dibersihkan pada waktunya, secara bertahap akan membentuk karang (plak, tebal dan tersusun dari banyak bakteri). Jika bunda ingin menghilangkan plak pada gigi bunda, silahkan baca tipsnya di bawah ini.

Cara Membersihkan Plak Pada Gigi

Padahal, membersihkan plak pada gigi jauh lebih mudah daripada membersihkan karang gigi. Namun, saat plak terbentuk, penting bagi bunda untuk memiliki perawatan gigi reguler dan rutin menggunakannya.

Inilah yang perlu bunda lakukan:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Sikat gigi bunda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur.

Saat menyikat gigi, gunakan sikat bulu lembut, kepala bulat untuk efek pembersihan maksimal dan tidak merusak gusi dan juga enamel.

Beli sikat dengan berbagai jenis model bulu sikat, dan bila bulu sikat sudah rusak, bunda perlu mengganti sikatnya.




Sikat gigi bunda dengan benar, sikat gigi bunda ke atas dan ke bawah lebih baik daripada menyiikat secara horizontal. Yang terbaik adalah membuat sudut 45 derajat antara sikat bulu dan gusi.

2. Bersihkan Gigi Minimal Sehari Sekali

Gigi adalah bagian yang paling mudah untuk menumpuk makanan dan bakteri. Membersihkannya adalah cara mudah mencegah pembentukan plak.

Bersihkan sela-sela gigi sekali sehari, sebaiknya setelah makan siang. bunda juga bisa menggunakan tusuk gigi tapi harus memilih tusuk gigi yang kecil, halus dan tanpa ujung yang tajam.

3. Berkumur Setiap Hari




Berkumur setidaknya sekali sehari dengan obat kumur memiliki khasiat antibakteri yang baik untuk mengurangi bakteri yang bisa menyebabkan plak pada gigi.

Jika bunda tidak tahu jenis obat kumur apa yang harus dibeli, gunakan satu sendok teh garam bersih yang dicampur dengan segelas air hangat untuk membilas mulut bunda.

4. Membersihkan Gigi Dengan Obat Pembersih Gigi Yang Kuat

Penyikatan dan pembilasan secara teratur mungkin tidak cukup untuk membersihkan seluruh gigi secara menyeluruh. Gunakan obat pembersih gigi alami setiap minggu.

Oleskan langkah-langkah berikut dua kali seminggu untuk kebersihan gigi bunda secara lebih teliti:

Persiapan bahan:

  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh baking soda
  • Pasta gigi yang bunda gunakan.

Cara membuat dan menggunakan:

  • Campur garam dan baking soda dalam mangkuk bersih
  • Oleskan pasta gigi ke sikat seperti yang bunda lakukan setiap hari.
  • Sikat gigi bunda seperti biasa, tapi setelah sekitar 10 detik bunda menyikat gigi dengan campuran garam + baking soda lalu menyikat gigi lagi.
  • Perhatian terfokus pada gigi dan posisi taring – dimana plak paling mungkin terbentuk.
  • Bilas mulut dengan air hangat.

5. Kunjungi Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Plak terus terbentuk, kapan pun, kemanapun bunda pergi, saat bunda tidur dan saat bunda pergi bekerja.

Bahkan jika bunda adalah pekerja keras dalam membersihkan dan merawat gigi bunda, plak tetap memiliki kemungkinan kecil untuk membentuk dan berkembang menjadi karang gigi.

Dokter gigi bisa membantu bunda. Sebenarnya, kecuali jika plak gigi terbentuk dalam volume terlalu banyak atau seiring waktu, itu tidak akan mempengaruhi kesehatan gigi bunda terlalu banyak.

Dan 6 bulan adalah waktu standar. Pergi ke dokter gigi, membersihkan karang gigi setiap 6 bulan adalah yang terbaik.

Dokter tidak hanya akan membantu membersihkan gigi bunda, membersihkan mulut bunda, membantu gigi bunda memutihkan gigi bunda, mereka juga dapat memeriksa kesehatan gigi bunda untuk deteksi dini penyakit gigi.

Itulah tadi 5 cara untuk membersihkan plak pada gigi secara efektif. Ketekunan dan penerapan metode ini, dapat benar-benar mengatasi masalah kesehatan mulut.

Selain itu, untuk menghindari terlalu banyak proses pembersihan gigi bunda, bunda harus membatasi asupan permen atau tepung pada makanan ringan. Jika bunda lapar, coba ganti makanan yang lebih sehat dan berserat tinggi seperti: yogurt, buah, sayuran, dan lain-lain.

Baca Juga :   Cara Mempercantik Diri Dengan Bahan-Bahan Alami

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.