Menghitung Usia Kehamilan Saat Hamil Muda

Sending
User Rating ( votes)

Menghitung Usia Kehamilan saat Hamil Muda – Satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang telah menikah adalah momongan. Nah mempunyai momongan itu tidak mudah bagi beberapa pasangan.

Banyak cara ditempuh seperti konsultasi dengan dokter, mengikuti program hamil, sampai mengonsumsi obat-obatan herbal. Karena itu tidak jarang orang bertanya mengenai usia kehamilan bunda. Maka dari itu bunda perlu menghitung usia kehamilan.

Ketika program hamil sukses, hal lain yang perlu perhatikan selain menghitung usia kehamilan adalah menjaga kesehatan bayi dalam kandungan saat hamil muda. Karena perawatannya akan berbeda pada tiap usia kehamilan yang berbeda sehingga kamu perlu memahami usia kandungan.

Ada beberapa cara dapat kamu lakukan untuk mengetahui usia kehamilan muda atau sudah hampir tua. Kamu dapat menghitung usia kehamilan dengan bantuan dokter atau dapat melakukannya sendiri.

Salah satu cara menghitung usia kehamilan sendiri yaitu dengan kalender usia kehamilan melalui siklus haid. Hal pertama yang harus tahu adalah hari pertama haid terakhir kamu. Ini penting untuk perhitungan selanjutnya. Berikut langkah perhitungannya.




Cara Menghitung Usia Kehamilan

1. Tentukan Tangga Hari Pertama Haid

Pertama tentukan tanggal hari pertama kamu haid terakhir sebelum hamil lalu ditambah 7, hasilnya adalah tanggal perkiraan lahir.

2. Kalkulasikan Bulan Hari Pertama Haid

Kemudian bulan pada hari pertama haid terakhir kamu dikurangi 3. Untuk bulan yang berakhir minus jika dikurangi 3 maka bulan tersebut harus ditambah 9, angka yang kamu peroleh merupakan bulan perkiraan lahir sang buah hati. Setelah itu, tahun pada saat hari pertama haid terakhirmu ditambah 1.

Untuk kasus bulan yang ditambah 9, perhitungan tahun pada saat hari pertama haid terakhir tetap (tidak ditambah 1), hasil perhitungan tersebut merupakan tahun dimana bayimu akan lahir. Keseluruhan perhitungan tersebut akan ditemukan tanggal bulan dan tahun lahir bayimu.

3. Menggunakan Fasilitas Kalkulator Kehamilan

Untuk menghitung usia kehamilan yang lebih cepat, kamu bisa menggunakan fasilitas kalkulator kehamilan online. Ya, dizaman seperti ini semua dapat didapatkan dari internet.

Kamu hanya perlu browsing kalkulator kehamilan kemudian masukkan tanggal bulan dan tahun hari pertama haid terakhirmu beserta siklus haidmu. Otomatis laman website akan menghitung dan menampilkan usia kehamilan kamu saat ini.

4. Metode Kalender

Bunda bisa menghitung usia kehamilan dengan metode kalender dengan rumus : (Tanggal HPHT + 7), (Bulan Haid Terakhir – 3) dan (Tahun Haid terakhir + 1).

5. Metode USG Dokter

Metode ini cenderung lebih ampuh untuk mengetahui usia kehamilan bunda. Karena pada USG biasanya sudah memberikan informasi yang lengkap sehingga dokter bisa melakukan analisa tentang umur kehamilan seorang ibu hamil.




Tidak hanya usia kehamilan, namun melalui USG ini lah ibu hamil dapat mengetahui ukuran atau panjang dari janin yang ada di dalam kandungan.

Tips Saat Hamil Muda

Setiap pasangan yang telah menikah, pasti menginginkan untuk segera dikaruniai momongan. Apalagi saat ini banyak pasangan muda yang memilih hamil usia muda supaya dapat melihat anak-anaknya tumbuh besar bersama. Banyak pasangan berlomba-lomba mengikuti program hamil supaya keinginan tersebut cepat terkabul.

Ketika program hamil berhasil dan memasuki hamil muda, ada beberapa hal yang diperlu diwaspadai supaya anak dalam kandungan tetap dalam kondisi sehat. Maka dari itu, berikut tips hamil muda yang harus kamu perhatikan saat hamil dini.

Wanita mana yang tidak bahagian ketika mengetahui dirinya hamil. Pasti ia melakukan berbagai cara supaya anaknya kelak lahi sehat dan rutin menjaga kesehatannya saat masih di perut. Nah, hal yang perlu lakukan pertama ketika hamil muda yaitu meminum rutin vitamin prenatal dan pemeriksaan pra-konsepsi.

Vitamin prenatal ini bertujuan untuk melindungi bayimu dari kondisi cacat lahir. Selain itu, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter yang sama saat kamu konsultasi hamil mengenai apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi kehamilannya.




Aktivitas yang Baik untuk Kandungan Bunda

Baik sebelum maupun saat hamil muda, lakukanlah aktivitas fisik yang dapat menjaga kesehatan kandungan. Kamu dapat melakukannya sesuai saran dokter. Misalnya saja olahraga seperti yoga, berenang, dan berjalan ringan beberapa jam secara rutin setiap hari. Jadwalkan pula untuk konsultasi dengan dokter sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandunganmu.

Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan keluhan saat hamil seperti morning sickness yang parah dan semacamnya supaya dokter bisa membantu mengatasi permalahanmu. Hal lain yang perlu dilakukan saat hamil muda yaitu menghindari rokok maupun alkohol. Yups, jadilah wanita yang sehat supaya bayimu sehat pula.

Karena bayi tersebut mendapatkan asupan nutrisi langsung dari ibunya. Jika ibu mengonsumsi rokok dan alkohol, anak yang dikandung akan beresiko terjangkit penyakit paru-paru, bahkan penyakit degeneratif seperti cacat lahir.

matabunda.com sudah membahas mengenai Cara Menghitung Usia Kehamilan hingga Tips Hamil Muda dengan berbagai aktivitas pendukung kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga :   Menu Cerdas Untuk Mpasi Pertama Buah Hati Bunda

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.