Pusing Saat Hamil, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Pusing Saat Hamil, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobatinya

Pusing Saat Hamil – Pusing adalah gejala yang umum terjadi pada kehamilan, informasi di bawah ini akan membantu Anda menjelaskan penyebab umum dan bagaimana mengatasi rasa pusing yang terjadi saat hamil.

Penyebab Merasa Pusing Saat Hamil?

Tubuh Anda menghadapi banyak perubahan ekstrem pada kehamilan terutama kardiovaskular. Denyut jantung Anda meningkat, jantung Anda memompa lebih banyak darah pada menit yang sama dan volume darah Anda meningkat 30 sampai 50%.

Itulah salah satu alasan utama Bunda merasa pusing ketika hamil.

Selain itu, selama kehamilan, pembuluh darah ibu berkembang lebih dari biasanya menyebabkan penurunan tekanan darah sampai batas tertentu. Tekanan darah mulai kembali normal pada akhir kehamilan. Perubahan tekanan darah yang kuat juga akan membuat Anda merasa pusing, terutama saat Anda mengubah postur tubuh.

Pada trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim juga menyebabkan tekanan pada vena sekitarnya, sehingga memperlambat sirkulasi darah ke bagian bawah tubuh, membuat Anda merasa cepat lelah. perjalanan




Sistem kardiovaskular dan saraf wanita hamil seringkali dapat menyesuaikan diri dan menyesuaikan diri dengan perubahan ini dan menjaga suplai darah yang dibutuhkan di otak. Tapi terkadang, perubahan terlalu besar atau terlalu mendadak menyebabkan tubuh menyesuaikan diri, darah ke otak akan menyebabkan Anda merasa pusing atau pusing.

Anda mungkin juga merasa pusing jika mengalami anemia, kurang gizi, olahraga berlebihan atau terlalu panas. Beberapa kondisi yang berhubungan dengan kehamilan terkadang menimbulkan gejala yang sama.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Pusing Saat Hamil?

Berbaringlah dan istirahatlah segera setelah Anda merasa pusing. Berdiri di satu sisi, beristirahat satu kaki di atas bantal dan tidak terlalu tinggi di atas bantal, sangat ideal untuk membantu aliran darah ke bagian tubuh yang lain, seperti otak. Istirahat akan membantu Anda menghindari pingsan dan mengurangi rasa pusing yang ringan.

Jika Anda memiliki pusing saat tidur, maka duduklah untuk menghindari pusing dan menyebabkan Anda pingsan atau terjatuh, yang bisa sangat berbahaya bagi Anda dan bayi. Bangunlah dan berjalanlah saat Anda merasa lebih baik.

Jika Anda mengemudi, segera hentikan kendaraan untuk memastikan keamanan bagi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Bagaimana Cara Menghindari Pusing Saat Hamil?

Sulit untuk benar-benar mencegah pusing saat hamil, namun beberapa hal secara signifikan dapat membatasi frekuensi dan tingkat keparahan pusing.

Jangan Ubah Posisi Terlalu Cepat




Berhati-hatilah saat Anda duduk dan ingin berdiri. Saat Anda duduk, darah mengalir ke bagian bawah tubuh, dan jika tubuh Anda tidak dapat menyesuaikan diri pada saat Anda berdiri, darah tidak akan kembali ke jantung pada waktu yang tepat, menyebabkan penurunan tekanan darah dan sensasi yang cepat.

Untuk menghindari situasi ini lakukan setiap gerakan dengan perlahan. Jika Anda berbaring, duduklah dengan lembut di samping tempat tidur selama beberapa menit. Lalu perlahan berdiri.

Anda juga perlu sering aktif berganti postur atau posisi, tidak terlalu lama duduk atau saat berbaring. Jika Anda duduk terlalu lama, ayunkan kaki Anda untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Jangan Berbaring

Selama trimester kedua dan ketiga, rahim Anda berkembang dengan ukuran tertentu dan juga membawa cukup berat untuk menopang janin di tubuh.




Berbaring telentang akan mengalami risiko kompresi pada pembuluh darah besar yang mengalir dari jantung sampai ke kaki dan punggung.

Menurut statistik, sekitar 8% ibu hamil pada trimester kedua atau ketiga menderita hipertensi saat berbaring telentang.

Berbaring miring dengan beberapa bantal di punggung, sandaran kaki dan sandaran tangan adalah yang paling cocok untuk wanita hamil.

Makan Sehat

Tanpa nutrisi yang tepat, gula darah rendah membuat Anda merasa pusing dan lemah. Hal ini lebih mungkin terjadi saat Anda sedang hamil. Jauhkan diri Anda dari kelaparan dengan membagi ke dalam banyak makanan kecil saat makan. Dehidrasi juga menyebabkan efek yang sama sehingga cukup dengan banyak minum air putih setiap hari.

Jaga Agar Udara Dan Lingkungan Tetap Dingin

Batasi mandi dan terutama sauna. Panas menyebabkan pembuluh darah melebar dan menurunkan tekanan darah yang menyebabkan pusing. Saat cuaca panas juga dapat menyebabkan pusing. Anda harus tetap berada di AC saat cuaca terlalu panas, namun sebaiknya ibu tidak mengubah suhu ruangan secara tiba-tiba.

Jangan Berolahraga Terlalu Banyak

Olahraga itu baik untuk kehamilan Anda, tapi akan berdampak buruk jika Anda terlalu berolahraga yang berat.

Kapan Harus Mencari Pertolongan Medis Saat Terjadi Pusing Saat Hamil

Pusing selama kehamilan merupakan gejala yang umum dan terjadi pada lebih dari 50% wanita hamil. Seringkali bukan masalah medis yang mengkhawatirkan, tapi terkadang, pusing bisa merupakan masalah serius yang perlu dipantau oleh dokter.

Anda perlu melihat apakah saat Anda pusing, memiliki satu atau lebih dari gejala berikut:

  • Sakit kepala parah
  • Penglihatan kabur atau buram atau bintik-bintik buta muncul
  • Nyeri dada
  • Kesemutan
  • Kedinginan
  • Napas tersengal
  • Pendarahan vagina

Segera dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami pusing karena cedera kepala atau kecelakaan.

Pada tahap awal kehamilan, pergilah ke ruang gawat darurat jika pusing disertai sakit perut dan detak jantung kencang. Gejala ini mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami kehamilan ektopik. Ini adalah keadaan darurat.

PENTING:

Jangan minum obat apapun untuk mengobati pusing tanpa izin dari dokter. Obat apa pun yang mungkin memiliki beberapa efek samping serius terkadang lebih mungkin menyebabkan keguguran. Kunjungi dokter kandungan Anda secara teratur saat Anda hamil untuk memastikan kesehatan dan stabilitas kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga :   12 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Kehamilan

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.