Cara Bunda Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Sending
User Rating ( votes)

Menjaga Kesehatan Gigi Anak Hal ini merupakan hal yang sangat penting dan wajib khususnya bagi Bunda yang mempunyai si buah hati. Tapi terkadang kebanyakan Bunda kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak Bunda hanya dikerenakan mereka masih memiliki gigi susu dimana cepat atau lambat akan lepas. Namun hal tersebut hendaknya tidak dijadikan alasan Bunda untuk mengabaikan kesehatan gigi anak. 

Bila kita tidak Menjaga Kesehatan Gigi Anak dengan baik, maka akan timbul masalah pada giginya. Gigi anak akan terbentuk plak (lapisan yang berwarna putih kekuningan) yang mengandung bakteri. Nah bakteri inilah yang berperan dalam pembusukan karbohidrat terutama gula sehingga menyebabkan kondisi mulut menjadi asam serta membuat permukaan gigi terkikis.

Cara Bunda Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menyikat gigi tidak teratur dan kurang bersih juga dapat menyebabkan berlubang. Hal ini pertama-tama akan tampak seperti bercak-bercak putih pada gigi. Bila ini terus berkembang, akan mulai terbentuk lubang dengan warna kekuningan, cokelat atau kehitaman. Apabila hal ini diabaikan akan membuat struktur gigi akan semakin rusak dan bisa disertai rasa sakit dan bengkak pada gusi.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

1. Mengenalkan pada anak pentingnya perawatan gigi

Ajaklah anak untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari. Hal ini adalah salah satu perawatan penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu merupakan pelajaran penting yang harus diketahui anak. Berikan contoh pada anak sehingga dia bisa mengikuti kebiasaan baik yang kita lakukan.

Biasakan anak untuk menggosoknya di pagi dan malam hari setelah makan malam. Usahakan anak tidak makan atau minum lagi selain air putih




2. Meminimalisir penggunaan botol susu dan empeng bayi

Sebisa mungkin kurangi penggunaan botol susu dan empeng bayi terutama pada malam hari saat mereka akan tidur agar sisa-sisa susu tidak tertinggal serta bentuk gigi akan tetap terjaga dari sedotan mereka yang kuat.

3. Memilih sikat gigi yang tepat

Sikat gigi anak berbeda dengan orang dewasa. Pilihlah sikat dengan ujung bulat dan bulu yang lembut. Selain itu pilihlah sikat dengan ukuran yang sesuai untuk anak. Pastikan juga agar sikat selalu diganti setiap tiga bulan sekali.

4. Batasi makanan dan minuman yang manis

Makanan dan minuman yang manis mempunyai kandungan gula yang tinggi yang dapat merusak hingga ke gusi. Kesehatan gigi anak bergantung pada makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Berilah sayur dan buah-buahan untuk kesehatan gusi dan tulangnya. Jangan membiasakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan kafein.

5. Rutin memeriksakan gigi ke dokter

Ajaklah anak memeriksakan gigi dan mulutnya secara teratur ke dokter minimal setiap enam bulan sekali, sehingga mereka menganggap bahwa hal tersebut sebagai kebiasaan yang baik dan anak tidak akan merasa takut.

Itulah beberapa tips penting dalam Menjaga Kesehatan Gigi Anak yang bisa dilakukan oleh Bunda dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi pada anak. Semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan, Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga :   Menu MPASI 7 Bulan, Ini Resep Khusus untuk Bunda




Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.