Menu Cerdas Untuk Mpasi Pertama Buah Hati Bunda

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Mpasi Pertama Buah Hati Bunda – Memiliki buah hati tentu saja adalah hal yang sangat membahagiakan. Apalagi bagi Bunda yang merupakan seorang ibu yang telah mengandung hingga 9 bulan dan merasakan betapa sulit dan beratnya masa mengandung tersebut. Akhirnya, setelah masa melahirkan yang sangat menyakitkan bagi diri Bunda, buah hati Bunda akhirnya telah hadir di dunia.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam masa-masa awal kehidupan buah hati, salah satu yang terpenting adalah apa yang harus dikonsumsi sebagai makanan bagi sang buah hati. Akan ada yang disebut dengan masa ASI eksklusif. Masa ASI eksklusif hanya berlangsung selama 6 bulan pertama sejak bayi dilahirkan. Jadi, selama 6 bulan pertama bayi dilahirkan, bayi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi apapun selain ASI. Setelah masa ASI eksklusif berakhir, maka masa mpasi pertama buah hati Bunda pun dimulai !

Apa sih itu mpasi? Mpasi atau makanan pendamping ASI merupakan makanan-makanan yang akhirnya diperkenankan bagi sang buah hati. Makanan ini dapat dikonsumsi dalam keseharian sebagai nutrisi tambahan di samping ASI. Pemilihan menu-menu mpasi pun hendaknya harus cerdas dan hati-hati karena sistem pencernaan pada bayi tentu saja berbeda dengan orang dewasa. Sangat penting bagi Bunda untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang tepat untuk mpasi pertama sebab pada permulaan, menu yang dipilih harus lebih ramah karena baru terjadi perkenalan sehingga sistem pencernaan sang buah hati tidak kaget dan tidak bereaksi negatif.

Ketika bayi telah mencapai usia 6 bulan, sistem pencernaan bayi akan lebih kebal terhadap risiko alergi terhadap berbagai protein selain ASI, seperti kacang-kacangan, telur, keju, ikan, susu sapi hingga roti yang juga mengandung gluten. Masa yang tepat untuk mpasi pertama bagi sang buah hati Bunda adalah ketika mereka telah menunjukkan berbagai Tanda yang menunjukkan bahwa mereka telah siap mengkonsumsi makanan selain ASI.

Tanda-tanda Siap Mendapatkan ASI Pertama

Tanda-tanda siap mendapatkan mpasi pertama tersebut antara lainnya adalah kebiasaan bayi yang mulai sering tertarik dengan makanan yang tengah Bunda konsumsi kemudian mencoba untuk meraih dan juga memasukkan makanan tersebut ke dalam mulut. Pada tanda ini, sang buah hati telah mengalami keseimbangan koordinasi antara mulut, mata, serta tangannya. Kondisi kontur tubuh snag bayi juga mulai tegap, ia bisa duduk dengan posisi kepala yang baik tanpa perlu bantuan. Selain itu, apabila ia mencoba memasukkan makanan dan kemudian dapat mencecap dan menelannya tanpa mengeluarkannya kembali dari dalam mulut, maka dapat dipastikan bahwa sistem pencernaannya telah siap menerima mpasi.




Mpasi Pertama Bayi di Bulan ke 6 dan ke 7

Masa mpasi pertama bayi terjadi di bulan ke-6 dan ke-7 usianya. Pada masa ini, pilihlah menu berupa sayuran dan buah-buahan yang sebaiknya dihaluskan karena bayi perlu membiasakan diri untuk mencecap dan mengunyah dengan koordinasi gusi dan lidah yang baik. Buah dan sayuran yang dianjurkan pun cukup beragam, seperti kentang, melon, apel, pisang, semangka, avokad, dan masih banyak lagi.

Apabila anak Bunda berhasil menghabiskan setiap jam makannya dengan sayuran dan buah-buahan, Bunda bisa mulai memberikan kombinasi nasi yang dihaluskan atau bubur dengan lauk berupa telur, ikan atau daging ayam yang juga dihaluskan. Menu yang mengandung gluten seperti roti dan kue pun bisa mulai Bunda berikan. Pada masa ini, perkenalkan pula bayi Bunda kepada botol minum yang memiliki dot, atau gelas sehingga bayi akan membiasakan diri pula untuk meminum air putih atau susu sapi selain minum ASI.

Ketika usia bayi mulai mencapai bulan ke-8 dan ke-9, Bunda bisa mulai menyajikan sayuran dan buah-buahan dalam bentuk potongan yang memanjang agar tangan mereka terbiasa untuk mengkoordinasikan kegiatan makan ke dalam mulut. Hal yang terpenting dalam masa mpasi adalah, perhatikan apakah bayi Bunda mengalami alergi atau tidak terhadap suatu menu. Selain itu, pada masa permulaan mpasi, bayi memang belum bisa dijadwalkan makan sebanyak tiga kali sehari, sehingga jangan sampai Bunda memaksa mereka makan apabila mereka menolak karena dikhawatirkan mereka hanya akan memuntahkannya.

Baca Juga :   9 Jus Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.