Paranoid Adalah Hal yang Wajar atau Tidak ?

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Paranoid adalah suatu bentuk ketakutakan akan hal tertentu. Apakah Bunda sering merasa perhatian Bunda kepada anak terlalu berlebihan? Lelah dengan segala hal yang harus Bunda lakukan kepada anak dan selalu merasa khawatir? Bunda selalu ingin berada di sekitar anak dan mengawasinya selama 24 jam? Bunda sering menanyai hal-hal yang anak Bunda lakukan secara detail, bahkan tidak mempercayai anak melakukan segala sesuatu? Hati-hati karena bisa jadi Bunda telah masuk kategori orang tua bertipe paranoid! Lalu pertanyaannya, paranoid merupakan hal yang wajar atau tidak, terutama jika paranoid yang berlebihan kepada anak ?

Paranoid adalah hal yang sering dialami orang tua seiring dengan perkembangan teknologi dan akses informasi yang semakin mudah. Mengapa demikian? Karena dengan mudahnya Bunda mengakses internet dan mencari informasi, maka Bunda akan semakin dipenuhi oleh pemikiran-pemikiran baru yang membuat Bunda khawatir, ingin selalu berhati-hati, dan ingin bersikap bijaksana dalam waktu bersamaan. Sebagai orang tua, Bunda akan mudah menemukan berbagai informasi parenting yang tumpah ruah di internet. Hal-hal apa saja yang dapat mengganggu anak Bunda, membahayakan keselamatan maupun kesehatan anak Bunda, dan lain sebagainya. Sehingga Bunda selalu merasa khawatir dan tumbuh sifat cerewet berlebihan.

Sesuai Porsi, Paranoid adalah Hal yang Wajar Saja

Sebenarnya, paranoid adalah hal yang wajar pada porsinya, namun apabila Bunda terlalu sering merasa paranoid sampai Bunda kehilangan rasa damai ketika lima menit saja Bunda tidak berada di sekitar anak, maka dapat dipastikan bahwa paranoid yang Bunda alami sudah sepatutnya untuk segera dikurangi agar kembali pada porsinya. Lalu, bagaimana cara agar tidak terlalu paranoid? Apakah dengan berhenti membaca informasi mengenai parenting dan hal-hal menakutkan yang bisa saja menimpa anak Bunda sewaktu-waktu? Atau apakah Bunda harus belajar cuek terhadap anak? Oh, bukan sama sekali! Yang harus Bunda lakukan adalah mengubah pola pikir Bunda dalam menemukan solusi yang lebih cerdas untuk tetap membuat anak Bunda aman sekaligus nyaman.

Hal penting pertama dalam mengatasi kekhawatiran berlebihan atau paranoid adalah dengan memberikan anak Bunda kepercayaan. Bunda bisa mulai dengan mengajarkan kepada anak mengenai pemahaman bahwa diri mereka adalah tanggung jawab dan otoritas diri mereka sendiri. Bahwa diri mereka selalu mampu dan tidak takut terhadap apa pun. Tumbuhkanlah rasa percaya diri mereka terlebih dahulu sebelum Bunda memberikan kepercayaan kepada mereka. Selanjutnya, Bunda bisa mulai mengambil jarak ketika mengawasi mereka.

Bunda juga bisa mengandalkan tetangga, guru di sekolah, teman sepermainan, atau bahkan dengan menggunakan CCTV. Intinya, Bunda tidak perlu selalu benar-benar berada di sekitar mereka melainkan Bunda mengawasi secara diam-diam agar anak memiliki me-time untuk mengembangkan diri mereka. Biasakan pula agar Bunda tidak serta-merta langsung memberikan pertolongan atau bantuan selama anak Bunda sekiranya bisa melakukan hal tersebut sendiri. Hal ini akan cukup baik dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak, sikap mandiri, dan sifat dapat diandalkan pada diri anak.




Kemudian, hal lain yang perlu Bunda lakukan untuk mengurangi rasa panaroid adalah dengan menerapkan konsep to-do list dan reward bagi anak. Bunda bisa mendidik mereka dengan hal-hal baru untuk dilakukan daripada Bunda sibuk mengerjakan segalanya sendiri dan membiarkan anak Bunda tumbuh menjadi pribadi yang selalu mengkhawatirkan karena kurang dilatih untuk melakukan sesuatu. Konsep to-do list ini sendiri adalah dengan memberikan catatan apa yang harus dilakukan anak setiap hari, atau Bunda bisa membuat kreasi to-do list yang berbeda setiap hari. Apabila anak Bunda berhasil, Bunda bisa memberikannya reward.

Reward tidak mesti berupa hadiah, bisa saja Bunda membocorkan rahasia yang anak Bunda ingin ketahui tentang suatu hal. Misalnya, apabila anak Bunda berhasil merapikan mainan ke dalam box, maka besok Bunda akan membocorkan rahasia kepada si anak bagaimana cara membuat sekat-sekat blok di dalam kotak mainan agar bola-bola tidak mengganggu tidur para robot di dalam kotak mainan. Sehingga, kemampuan anak akan terus berkembang dan rasa paranoid Bunda akan berangsur berkurang. Cukup menyenangkan, bukan?

Baca Juga :   Ini Dia Makanan Sehat Saat Menyusui Sang Baby

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.