Pentingnya Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak

Sending
User Rating ( votes)

Peran Keluarga dalam Mendidik Anak Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga memang memberikan pengaruh yang sangat besar. Tidak hanya bagi keluarga itu sendiri melainkan orang disekitar mereka-pun akan antusias menyambut keluarga baru tersebut.

Karena begitu berharga pastinya ingin dijaga sebaik mungkin oleh orang tua mereka dan salah satu bentuk penjagaan itu adalah memberikan pendidikan terbaik bagi anak. Peran keluarga dalam mendidik anak ini sangatlah penting.

Apalagi dizaman yang serba modern dengan kecangihan teknologi menjadikan buah hati bisa memperoleh informasi dari manapun dan kapan-pun. Hal itu tentunya menjadi sumber permasalahan bagi orang tua, mereka takut anakya akan menerima mentah-mentah setiap informasi tersebut tanpa menyaring mana yang bermanfaat dan yang tidak. Untuk itulah perlunya memberikan pendidikan anak usia dini,

Ketika dari kecil sudah diajarkantentang hal baik dan hal buruk yang harus dijauh’i serta pemahaman tentang agama yang kuat hal yang tidak diinginkan mugkin akan bisa diminimalisir.

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah setiap individu atau seorang anak pertama-tama mendapatkan pendidikan dan bimbingan. Dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan buah hati bunda adalah di dalam keluarga.




Sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh si kecil adalah keluarga dan keluarga juga sebagai peletak pengetahuan dasar dari etika dan norma terhadap dirinya. Entah karena peran teknologi yang semakin maju, atau tingkat pendidikan orang tua zaman sekarang yang lebih tinggi faktanya. Itulah mengapa peran keluarga dalam mendidik anak.

Orang tua zaman sekarang semakin menyadari tentang peran keluarga dalam memberikan pendidikan kepada anak. Apalagi mereka-mereka yang tinggal dikota besar dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia memberikan kemudahan bagi orang tua untuk menyalurkan kemapuan dan pengembangan cita-cita dari usia sejak dini.  Salah satu memalui les mata pelajaran ataupun les tari, main musik dll.

Baca Juga :   7 Hal Penting Pelajaran Orang Tua Kepada Anak

Pentingnya peran keluarga dalam pendidikan anak, khususnya orangtua dapat dilihat dari beberapa poin. Pertama, Orang tua telah dikenal anak sebagai guru mereka yang pertama dan sebagai panutan. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak adalah salah satu kunci keberhasilan mereka.

Peran Keluarga dalam Mendidik Anak Yang Bisa Bunda Tiru

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Cover

Berikut ini adalah berbagai peran keluarga dalam pendidikan anak, khususnya orang tua untuk perkembangan anak-anak mereka:

1. Menjadi  Cheerleader

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Menjadi Cheerleader




Orang tua harus mendorong anaknya bagai pemandu sorak. Penting bagi mereka untuk mendapatkan dukungan dari orang tua karena mereka mencari penghargaan dari orang tua.

Mereka ingin orang tua mereka untuk memuji mereka dan membantu mereka dalam segala hal yang mereka lakukan. Itulah mengapa peran keluarga dalam mendidik anak sangat beraneka macam, tidak hanya mendidik bagaikan guru. Namun juga mendidik seperti cheerleader.

2. Menjadi Teman

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Menjadi Teman

Sebagai seorang teman, orang tua harus mencoba untuk mengeksplorasi pikiran anak-anak. Mereka harus membuat anak-anak merasa nyaman sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan sukses tanpa hambatan.




Orang tua sebagai teman dengan mudah dapat menjelajahi proses berpikir, cara berpikir dan perasaan internal anak-anak mereka

3. Menjadi Guru

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Menjadi Guru

Peran keluarga dalam mendidik anak sangat penting karena orangtua adalah yang pertama mengajarkan untuk setiap anak. Pepatah mengatakan belajar dimulai dari rumah saja, dan itu adalah tugas orang tua mereka untuk mengajari mereka. Selain itu, seorang ibu juga menjadi madrasah pertama bagi anaknya. Jika cara mendidik orangtua nya keras, maka anak akan tumbuh menjadi sesuatu yang keras pula.

Mengajari nilai-nilai yang baik yang dapat membuat merekan menjadi orang yang lebih baik di di masyarakat.

Jika sang buah hati sudah terbiasa melakukan sesuatu dengan baik di lingkungan keluarga maka dia akan selalu melakukan sesuatu hal yang baik pula ketika dia keluar dari lingkungan keluarga.

Baca Juga :   Mengenali Tahapan Perkembangan Emosi Balita

Atas dasar itu lah peran keluarga dalam mendidik anak sangatlah penting. Karena jika seseorang telah sukses di dalam keluarganya, bukan tidak mungkin jika seseorang terjun ke dunia masyarakat yang lebih luas dari keluarga. Maka masyarakat tersebut akan baik pula tergantung bagaimana keluarga mendidiknya.

Karakter yang dari kecil sudah terbentuk oleh pola asuh dari keluarga yang sangat baik maka setiap apa yang diajarkan diwaktu kecil akan dijadikan kebiasaan ketika si-anak berajak dewasa.

Nah itu juga dibarengi dengan pemahaman tentang ilmu agama yang telah diajarkan oleh orang tua, dengan dua hal itu yakin dan percaya ketika anak sudah dewasa dimanapun tempatnya ia tidak akan mungkin terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik.

Karena memang sudah tertaman nilai kebaikan dalam dirinya. Itulah kenapa peran keluarga dalam mendidik anak ini begitu penting dan mampu memberikan efek jangka panjang.

Keterlibatan orangtua terbukti sangat efektif dalam meningkatkan perkembangan anak dalam hal belajar. Beberapa aspek penting dari peran keluarga dalam pendidikan anak antara lain :

1. Keharmonisan Orang Tua

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Keharmonisan Orang Tua

Disadari maupun tidak, anak-anak adalah pengamat dan peniru yang baik. Pada usia dini, mereka mampu mengamati dan meniru apapun yang mereka dapatkan dari lingkungan mereka.

Seiring perkembangan usia, anak mulai memahami setiap kejadian yang ada. Hal utama yang menjadi fokus mereka dan memberikan efek yang luar biasa adalah keharmonisan antara ayah dan ibu.

Keharmonisan inilah yang akan menjadi titik utama yang akan memancarkan hidupnya suasana dalam keluarga. Kondisi hubungan antara ayah dan ibu dapat dibaca dengan jelas oleh anak-anak.

2. Kesepakatan Program dan Teknik Mendidik Anak

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Teknik Mendidik Anak

Keharmonisan orang tua yang terjalin akan menghasilkan kesepakatan dan ide-ide yang positif dalam mengelola semua kegiatan di dalam rumah tangga.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Rasa Takut Anak

Setiap langkah yang akan diambil sebaiknya dibicarakan dengan baik dan matang. Segala sesuatu harus disepakati bersama untuk menyamakan visi dan misi sehingga tidak akan menyalahkan salah satu pihak

3. Perhatian Orang Tua Terhadap Anak

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Perhatian Orang Tua Terhadap Anak

Materi memang sangat diperlukan dalam mencukupi setiap kebutuhan anak. Akan tetapi terdapat satu hal utama yang harus diberikan secara intens kepada anak, yaitu perhatian orang tua.

Perhatian yang diberikan dalam segala hal terhadap anak-anak akan memberikan kontribusi positif sekaligus kontrol yang baik bagi anak.

4. Apresiasi Terhadap Hasil Belajar Anak

Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Apresiasi Terhadap Hasil Belajar Anak

Kegiatan apapun yang dilakukan anak serta bagaimanapun juga hasilnya berilah penghargaan dan apresiasi yang positif. Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini maka berilah pujian serta komentar yang positif dan membangun agar anak lebih semangat berkarya dan tidak alergi terhadap kritikan.

Baik disadari oleh orang tua maupun tidak, pada dasarnya anak selalu ingin menunjukkan hasil karya mereka kepada orang tua. Sekecil apapun hasil yang mereka lakukan, mereka ingin pengakuan dari orang tua.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa peran keluarga dalam pendidikan anak sangatlah besar.

Keluarga merupakan unsur terkecil dalam sebuah masyarakat, dari lingkungan keluargalah anak tumbuh dan berkembang dan dari sinilah awal pendidikan diperoleh oleh anak, dari keluargalah anak belajar berperilaku, dan bersikap.

Ketika keluarga telah menanamkan akhlak yang baik, perilaku yang baik, etika yang baik, dan akhirnya terbentuk sebuah kebiasaan yang baik.

Maka anak tersebut berarti telah siap untuk mengarungi kehidupan di luar lingkungan keluarga. Segala pengaruh dan perubahan zaman tidak akan mudah merubah si-anak karena sudah tertanam nilai-nilain kebaikan yang ada dalam dirinya.

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.