Penyebab Diet Gagal Bagi Wanita Karir di Kantor

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Jika ingin dipelajari lebih dalam, sebagian besar penyebab diet gagal bagi wanita kantor adalah kurangnya kontrol diri dalam menahan kebiasaan ngemil saat bekerja. Apakah benar?

Jadi Wanita Karir Susah Diet ?

Penyebab Diet Gagal

Wanita karir yang bekerja di kantor dan ingin menurunkan berat badan memang akan menghadapai berbagai tantangan yang berat dan penuh perjuangan dalam mencapai target penurunan berat badannya. Terlebih lagi bila mereka sedang sibuk dikejar deadline kerja kantor sepanjang hari. Lantas, Apa sebenarnya tantangan terbesar yang menjadi penyebab diet gagal bagi mereka?

Masalah pertama yang terlintas di benak para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan yang super sibuk adalah waktu. Untuk menyukseskan program diet secara maksimal, memang harus diakui memerlukan investasi dalam bentuk waktu untuk menyiapkan menu makanan diet. Sebagaimana diketahui bahwa menu makanan diet yang terbaik memang harus dipersiapkan sendiri oleh para pelaku diet.

Membeli berbagai produk makanan jadi yang diklaim cocok untuk dijalankan para pelaku diet dalam rangka menurunkan berat badan dan memiliki kalori yang cukup rendah sering mengandung berbagai pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Waktu yang terbatas juga dapat membuat para pelaku diet yang sibuk tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga dan latihan secara intensif. Dengan dukungan olahraga atau latihan di gym yang terbatas tentu dapat mengganggu maksimalnya pencapaian penurunan berat badan,




3 Kebiasaan Penyebab Diet Gagal Saat Anda Bekerja di Kantor

Penyebab Diet Gagal

Namun bukan hanya waktu saja yang menjadi permasalahan utama dari para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan pada masa produktif bekerja dan berakibat buruk pada perkembangan program diet para pelaku diet yang sibuk.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan saat bekerja yang menyebabkan gagalnya diet dan naiknya berat badan

1. Penyebab Diet Gagal Paling Banyak Terjadi: Kurang Minum Air

Penyebab Diet GagalMenurut beberapa sumber dan riset, ternyata masalah yang paling sering dialami oleh wanita yang super sibuk dalam mengejar karir adalah kurangnya asupan air minum. Hal ini bisa terjadi karena terbatasnya waktu dan pecahnya konsentrasi saat bekerja. Sepintas kurangnya minum tidak terlihat berpengaruh pada kenaikan berat badan seseorang, namun rupanya hal itu merupakan sebuah anggapan yang salah.

Kurangnya asupan air minum dapat memicu tubuh kekurangan cairan atau yang biasa kita kenal dengan istilah dehidrasi. Jika tubuh sudah mulai mengalami dehidrasi, maka otak akan mengirimkan sinyal agar tubuh mendapatkan asupan air minum yang cukup. Pada umumnya, otak akan mengirimkan sinyal rasa haus saat tubuh tengah berada dalam kondisi dehidrasi, namun sering kali otak mengirimkan sinyal yang salah dan rasa laparlah yang justru akan muncul sehingga mereka mencari camilan diluar jam makan padahal tubuh hanya ingin cairan. Inilah penyebab diet gagal bagi sebagian besar wanita karir.

Kurang air minum juga dapat mengakibatkan proses metabolisme tubuh menjadi semakin lambat. Sebagaimana diketahui bahwa proses metabolisme adalah proses pembakaran kalori yang terdapat dalam makanan menjadi energi. Dengan melambatnya proses metabolisme, maka kalori yang berasal dari makanan tidak akan diubah secara efektif menjadi tenaga, melainkan disimpan dalam bentuk lemak tubuh. Hasilnya dapat ditebak, bentuk tubuh menjadi tidak ideal dengan jaringan lemak dimana-mana.

Jadi saran terbaik agar Anda bisa menghindari salah satu penyebab diet gagal ini adalah dengan menyediakan botol air putih di sekitar Anda. Bisa di meja kerja, di tas, ataupun laci kantor. Ketika Anda merasa lapar saat bekerja, jangan makan apapun tapi minumlah air. Jika rasa lapar langsung menghilang, maka rasa lapar yang tadi datang adalah kesalahan sinyal otak. Namun, jika rasa lapar masih tidak hilang, maka itulah saat yang tepat Anda memakan menu makanan diet sehat Anda.




2. Stres Berlebihan yang Sering Disebabkan Oleh Deadline dan Multi Tasking

Penyebab Diet GagalPeringkat kedua penyebab diet gagal adalah stres saat bekerja. Banyak wanita karir nampak sangat kelelahan dan merasa stres sepulang dari kantor. Saat merasa stres dan tertekan, para pelaku diet sering merasakan dorongan untuk menambah asupan makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi serta cenderung tidak sehat seperti junk food pada sore hari menjelang waktu pulang kantor.

Rasa ingin menyantap jenis makanan yang dapat menggagalkan program diet yang sedang dijalankan ini diduga oleh para ahli berkaitan dengan prosedur pelampiasan rasa stres yang umum terjadi pada seseorang dengan tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Satu hal utama yang menyebabkan rasa stres itu muncul adalah karena tingkat multitasking yang cukup tinggi. Multitasking adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan dan secara serentak.

Tubuh manusia memang didesain untuk bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, namun beban kerja yang menumpuk serta jenis pekerjaan yang terlalu berbeda yang harus dikerjakan secara bersama-sama memaksa otak dan organ lain dalam tubuh bekerja berlebihan. Akhirnya berbagai hormon dalam tubuh ikut terpengaruh dan tidak berfungsi sehingga tubuh mengalami stres dan berlanjut datangnya keinginan untuk makan, meski perut sebenarnya tidak merasa terlalu lapar. Itulah penyebab gagalnya diet yang sering dialami wanita kerja.

3. Kondisi Lingkungan Kerja yang Tidak Mendukung

Penyebab Diet GagalSatu hal yang luput dari perhatian para pelaku diet yang tenggelam dalam kesibukan di kantor dan menjadi penyebab diet gagal adalah kondisi tertentu di lingkungan kantor. Beberapa faktor yang membentuk atmosfer dan suasana kantor dapat mempengaruhi tubuh untuk memproses hormon tertentu sebagai respon tubuh terhadap lingkungan sekitar.

Satu kondisi yang bisa menjadi penyebab diet gagal adalah cahaya yang redup dalam ruangan kantor. Memang apa hubungannya cahaya redup dengan diet yang gagal?




Menurut sumber penelitian, cahaya redup dapat memberikan sensasi rasa lapar yang secara konstan dapat mengganggu aktivitas kerja dan program diet. Otak dan tubuh manusia sudah mengidentikkan cahaya redup dan gelap sebagai tanda tubuh untuk beristirahat. Namun karena tubuh dipaksa bekerja pada kondisi seperti itu, maka tubuh memunculkan rasa lapar sebagai respon. Untuk mengatasi hal ini segera buat ruangan kerja dipenuhi cahaya yang cukup untuk bekerja.

Selain itu, penyebab diet gagal karena kondisi lingkungan kerja adalah temperatur. Suhu ruangan juga sangat berpengaruh pada berbagai respon tubuh termasuk datangnya rasa lapar. Suhu ruangan yang terlalu dingin dapat menyebabkan rasa lapar cepat menyerang. Hal ini karena tubuh menggunakan energi untuk menghangatkan suhu tubuh kembali menjadi suhu idealnya.

Namun rasa lapar yang timbul sering tidak dapat dipuaskan sebesar kalori yang dikeluarkan oleh tubuh untuk menghangatkan diri. Pada umumnya seseorang yang mengkonsumsi makanan pada suhu ruangan yang sangat dingin akan cenderung makan dengan porsi berlebih yang dapat menggagalkan target pencapaian berat badan ideal.

Itulah ketiga kesalahan paling umum terjadi yang menjadi penyebab diet gagal bagi sebagian besar wanita. Jika Anda sedang mengalami kondisi diatas, maka segera ubah kebiasaan Anda agar Anda tidak menjadi salah satu dari mayoritas pelaku diet gagal. Semoga berhasil !

Baca Juga :   Sudah Teruji ! Ini Dia Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Anak

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.