Penyebab Sakit Perut Bagian Kanan Bawah Saat Hamil

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Penyebab Sakit Perut Bagian Kanan Bawah

Sakit Perut Bagian Kanan Bawah Menjadi ibu yang baru pertama hamil, setiap tanda aneh tubuh akan membuat bunda khawatir. Apa penyebab sakit perut dibagian kanan bawah saat hamil ? Nyeri perut saat hamil harus benar-benar diperhatikan, tapi juga jangan panik. Ada banyak penyebab sakit perut bagian kanan bawah termasuk penyebab terkait kehamilan dan beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut.

Saat ibu hamil biasanya merasakan sakit perut bagian bawah, ini normal. Ini adalah tanda bahwa embrio bersarang di rahim.

Tapi sakit perut bagian kanan bawah terkadang menandakan masalah berbahaya lainnya, jadi ibu perlu menghubungi dokter untuk penanganan yang tepat waktu, untuk mendapatkan diagnosisi yang paling akurat.

Nyeri Ligamen

Adalah penyebab utama tumbukan menyebabkan nyeri perut bagian kanan bawah selama kehamilan.

Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon yang memungkinkan ligamen dan otot untuk rileks dan tegang. Ligamen menghubungkan rahim ke dinding tubuh, untuk melebarkan rahim saat janin tumbuh di dalamnya.



Hal ini dapat menyebabkan nyeri periodik di dekat pinggul, yang bisa meluas ke selangkangan. Nyeri ligamen terjadi lebih sering di sisi kanan karena posisi janin di rahim meluas ke perut.

Setiap gerakan mendadak, seperti bersin, berganti posisi, tertawa, sering menyebabkan nyeri ligamen t.

Jenis rasa sakit ini tidak nyaman tapi tidak mempengaruhi kehamilan. Ligamen biasanya dimulai pada trimester kedua, yang berarti kehamilan 13 sampai 26 minggu, namun beberapa ibu hamil mungkin mulai lebih awal.

Meski banyak wanita hamil dengan sakit perut bagian kanan bawah terasa sakit, tapi ini normal, terkadang rasa sakit perut disertai gejala berikut bisa menjadi masalah yang serius.

Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik terjadi saat sel telur dibuahi di tempat lain di luar rahim. Kanal ovarium kanan atau kiri adalah tempat dimana kehamilan ektopik paling banyak terjadi.

Bila ibu sakit di daerah perut bagian bawah kiri atau kanan panggul, atau nyeri yang dikombinasikan dengan gejala seperti pendarahan vagina, biasanya terjadi antara 6-12 minggu setelah pembuahan.

Dalam kasus ini, ibu perlu diintervensi segera oleh dokter untuk menghindari komplikasi yang membahayakan kehidupan janin.



Preeklampsia

Preeklamsia terkait dengan pengembangan tekanan darah tinggi selama paruh kedua kehamilan disertai tanda-tanda dan gejala seperti tingginya kadar protein dalam urin, sakit kepala, berat badan, pembengkakan wajah, tangan dan kaki.

Preeklampsia bisa merusak hati dan organ tubuh lainnya di tubuh ibu. Cedera hati yang disebabkan preeklampsia sering menyebabkan nyeri persisten di perut bagian kanan dengan peningkatan tingkat enzim hati yang meningkat dalam darah. Pre-eklampsia berat mempengaruhi sistem saraf, disertai kejang, yang sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

Radang Usus Buntu

Bila sakit perut bagian kanan bawah, ini bisa berarti  radang usus buntu. Namun, penelitian telah menemukan bahwa kehamilan tidak meningkatkan risiko radang usus buntu, persentase ibu hamil dengan usus buntu sangat rendah, sehingga ibu dapat yakin tidak mengalami masalah ini.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih mudah diobati pada kehamilan, namun tidak bisa diobati sendiri karena bisa menimbulkan komplikasi serius. Jika ibu hamil terasa sakit perut, nyeri pada punggung, nyeri di dada bagian bawah atau nyeri di panggul disertai demam, mual, berkeringat, buang air kecil pembakaran perlu segera menemui dokter untuk perawatan yang lebih baik

Keguguran

Bunda memiliki rasa sakit di perut, perasaan sakit yang terus meningkat, frekuensi nyeri bertambah, disertai dengan gejala bekuan darah segar di area kemaluan. Ini adalah keguguran. Jika rasa sakitnya tiba-tiba, itu berarti bayi telah benar-benar terdorong keluar dari rahim. Wanita hamil perlu segera pergi ke fasilitas medis untuk segera didiagnosis.



Hal Yang Perlu Diingat

Kadang-kadang, nyeri perut bagian kanan tidak berarti bunda memiliki masalah kesehatan, namun jika Ibu rasa sakit masih belum hilang seperti sakit pada perut, panggul dan nyeri dada bersama-sama dengan gejala-gejala berikut ini, bunda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan saran terbaik:

  • Nyeri perut, nyeri panggul, nyeri dada, atau nyeri punggung parah, disertai pendarahan vagina.
  • Demam, terkadang menggigil
  • Sakit kepala parah
  • Terlalu merasa bersemangat atau terlalu mengantuk
  • Penglihatan kabur dan pusing.

Related Posts

Leave a Reply

Sending