Perkembangan Bayi 3 Bulan Yang Wajib Bunda Tahu

Perkembangan Bayi 3 Bulan Selamat pagi Bun, gimana nih rasanya punya momongan baru? Pasti bahagia kan. Okelah Bun dalam kesempatan kali ini Bunda perlu dan wajib tahu tentang Perkembangan Bayi 3 Bulan. Kembang tumbuhnya bayi pada masa itu emang sangat diidam idamkan lho bagi para Bunda. Apalagi jika Bunda tahu bahwa si kecil sudah mulai lucu dan imut. Tentunya Bunda senang dan riang di kala mengasuh kesayangannya. Setelah mengasuh dari 1 hingga 2 bulan, pastinya Bunda akan merasakan ikatan batin yang amat kuat pada putra-putrinya. Hal ini sangat jelas terjadi jika Bunda baru melahirkan anak pertama. Selain Bunda akan memiliki naluri seorang Ibu, Bunda juga wajib tahu apa sih yang bisa dilakukan si kecil.

4 Perkembangan Bayi 3 Bulan Yang Menonjol

Perkembangan Fisik Bayi

Dalam masa-masa ini Bunda akan tahu lah Perkembangan Bayi pada usia 3 Bulan. Perlu Bunda tahu nih ya si kecil sudah mulai kuat terutama pada otot kepala dan lehernya. Yang pasti bayi pada masa itu sudah mulai gerak perlahan alias ingin bermain-main. Meski sebenarnya masih belum bisa menengok kanan kiri. Selain itu otot tangan dan kakinya pun juga akan kuat. Misalnya si kecil mampu dengan mudah menendang dan menyentuh benda. Koordinasi antara tangan dan kakinya pun makin hari makin padu Bun apalagi ditambah ASI, jadi si kecil akan mampu tumbuh dengan cepat dan gesit.

Perkembangan Motorik Bayi

Pada masa ini Bunda mestinya akan tahu Perkembangan Bayi pada usia 3 Bulan. Adanya sensor motorik pada si kecil juga bisa memicu dirinya untuk bergerak lebih gesit dan lincah. Hal ini dibuktikan dengan kuatnya otot yang terkoordinasi pada seluruh tubuh akan membuatnya bergerak terus. Dalam usia ini si kecil sudah mulai ngoceh dan mampu mengucapkan huruf vokal. Disamping itu ia juga mampu meraih mainan atau benda yang ada didekatnya. Bukan hal baru lagi Bun jika si kecil pada usia itu sudah bisa menggengam dan melempar mainan.

Perkembangan Sensorik Bayi

Perkembangan Bayi 3 Bulan erat kaitanya dengan sensor motorik. Sebab pada masa ini si kecil sudah mulai tahu naluri seorang anak. Bagaimana tidak? Sebab pada masa ini ia sudah bisa memandang atau melihat benda di sekitarnya. Selain itu sang ia sudah mulai rewel dalam artian bisa menentukan siapa Ayah dan Ibunya. Bunda tak perlu heran jika si kecil pada masa ini sering nangis saat digendong orang tak dikenal. Hal ini disebabkan karena si kecil sudah bisa menentukan perasaan sedih, senang dan bahkan menangis secara terus menerus jika ada hal yang tak disenanginya.

Perkembangan Emosional Bayi

Perkembangan Bayi 3 Bulan dalam hal ini juga erat kaitannya lho dengan faktor sensorik. Yang mana si kecil cukup mampu mengutarakan ekpresi yang dialaminya. Sebab sang ia bisa merasakan sentuhan atau belaian orang lain. Maka bukan merupakan hal kedua jika Bunda yang saat ini tengah menjadi seorang Ibu. Di sisi lain Bunda pun bisa mengajarinya berbagai hal lazim sesuai dengan tingkat pengetahuannya. Paling tidak ya sebagai seorang Ibu, Bunda harus sering-sering membuatnya tertawa agar tidak mudah murung atau nangis. Selain itu Bunda juga bisa membacakan cerita atau dongeng agar si kecil paham bahasa Indonesia dengan baik dan benar.




Baca Juga :   Mengenali Tahapan Perkembangan Emosi Balita

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.