Persiapan Kehamilan ini Sangat Dianjurkan, Bunda Wajib Baca

Persiapan Kehamilan Banyak orang yang ingin punya anak tapi nggak hamil-hamil juga. Kenapa ya Bun? Ada berbagai penyebab yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah tidak melakukan mempersiapkan kehamilan dengan baik. Kalau ingin cepat hamil, Bunda harus mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Hindari kebiasaan buruk yang bisa merusak badan. Demi keselamatan calon ibu dan anak, persiapan kehamilan perlu dilakukan dengan serius. Ajak suami untuk melakukannya bersama-sama.

Persiapan Kehamilan Bunda

Cari informasi yang memadai dari buku, internet, atau bertanya langsung pada dokter. Bisa juga minta saran dari wanita yang pernah hamil. Supaya nggak bingung, yuk simak tips berikut ini.

1. Usahakan Punya Berat Badan Normal

Kelebihan atau kekurangan berat badan bisa berbahaya lho. Saat hamil, kelebihan berat badan dapat membuat Bunda mengalami komplikasi. Misalnya tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional. Penyakit itu bisa membuat keguguran atau melahirkan bayi yang cacat. Wanita juga lebih sulit hamil kalau kelebihan berat badan, sebab tingkat kesuburannya menurun. Bagaimana kalau kekurangan berat badan? Itu bisa membuat siklus menstruasi kurang teratur. Akibatnya, calon ibu pun sulit hamil. Lebih baik lakukan persiapan kehamilan dengan baik. Hindari makanan cepat saji yang bergizi rendah. Biasakan untuk menyantap makanan dengan porsi dan nutrisi yang cukup. Dengan begitu, pelan-pelan Bunda akan mencapai berat ideal.

2. Berhenti Merokok Sekarang Juga

Punya kebiasaan merokok? Sebaiknya hentikan sekarang juga, sebab kebiasaan itu bisa membuat sulit hamil. Bagaimana kalau suami yang merokok? Lebih baik jauhi supaya nggak terkena asapnya. Rokok mempunyai dampak yang sangat buruk untuk calon ibu maupun bayinya. Jika merokok saat hamil, ada kemungkinan mengalami keguguran. Bayi juga bisa lahir prematur dan mempunyai berat badan rendah. Anak yang sering terkena asap rokok saat masih dalam kandungan akan mengalami sejumlah masalah. Salah satunya adalah rentan terkena ADHD, yaitu sindrom berlaku agresif saat kanak-kanak. Jadi berhentilah merokok sekarang juga. Fokus saja pada persiapan kehamilan supaya cepat mendapat momongan.

3. Jauhi Minuman Beralkohol

Nggak hanya rokok yang harus dijauhi saat kehamilan. Bunda juga perlu menghindari minuman beralkohol. Sebab, minuman itu bisa meningkatkan risiko keguguran. Nggak ada yang tahu berapa batas aman konsumsi alkohol untuk ibu hamil. Jadi lebih baik jauhi sama sekali daripada berefek buruk. Semakin banyak meminumnya, semakin tinggi pula risiko kesehatan sang bayi. Jauhilah sebisa mungkin. Bagaimana kalau sedang berada di pesta? Usahakan untuk menolak minuman beralkohol. Sebagai gantinya, Bunda bisa memilih minuman lain yang tanpa alkohol. Mempersiapkan kehamilan ini mungkin cukup sulit. Tapi percayalah, hasilnya akan membuat Bunda dan suami sangat bahagia. Lebih baik menahan diri supaya bisa cepat hamil.




4. Periksa Ke Dokter

Persiapan kehamilan yang nggak kalah penting adalah periksa ke dokter. Nggak hanya istri, tapi juga suami. Berdiskusilah dengan dokter tentang riwayat kesehatan masing-masing. Apakah badan sudah siap hamil? Kapan sebaiknya berhenti memakai kontrasepsi? Apa vaksin yang harus diperoleh supaya kondisi calon bayi aman? Semua itu bisa didiskusikan dengan dokter. Apalagi kalau Bunda punya penyakit asma, diabetes, dan epilepsi. Obat-obatan yang dikonsumsi bisa mengganggu kehamilan dan kesehatan. Pilih pengobatan alternatif yang lebih aman. Begitulah tips-tips untuk mempersiapkan kehamilan. Kalau belum hamil juga, jangan menyerah ya Bun. Teruslah berusaha sampai bisa hamil. Ikhlaslah dalam menjalani pola hidup sehat supaya perjuangan terasa lebih ringan.

Baca Juga :   Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak Saat Hamil

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.