Program Parenting untuk Anak Penting Dipelajari Lho, Bun !

Sending
User Rating ( votes)

Program Parenting untuk Anak – Apa itu program parenting? Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya. Parenting adalah pendidikan keluarga untuk si kecil supaya bisa tumbuh dengan maksimal.

Program parenting untuk anak terdiri dari memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), hingga melindungi (protecting) selama mereka tumbuh besar. Ilmu ini penting untuk dipelajari lho, Bun.

Bisa untuk wanita yang sudah punya memiliki momongan maupun yang belum. Ada banyak cara untuk memelajarinya. Mulai dari membaca artikel tentang parenting, menonton video petunjuk, hingga bertanya pada orang-orang yang lebih berpengalaman.

Bunda juga bisa belajar dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Biasanya, PAUD mengadakan berbagai program parenting yang bisa diikuti. Apa saja ya? Yuk kita simak bersama.

Salah satu programnya adalah parents gathering. Kegiatan ini adalah pertemuan antara orangtua dan lembaga PAUD. Biasanya ada berbagai materi yang disampaikan. Mulai dari gizi dan nutrisi, pendidikan karakter, penyakit yang harus diwaspadai, dan sebagainya. Info yang disampaikan dijamin terpercaya.




Tidak seperti info di internet yang kadang berbeda-beda. Bunda juga bisa bertanya dalam program parenting untuk anak ini. Manfaatkan saja kesempatan semaksimal mungkin. Ingin tahu cara memarahi anak dengan benar? Tanyakan ke pematerinya. Ingin tahu camilan sehat untuk anak? Tanyakan juga ke pematerinya.

Tidak perlu malu-malu. Bunda juga bisa berbagai pengalaman dengan peserta lain. Mereka pasti senang.

Di awal tahun ajaran baru, biasanya ada foundation class. Ini adalah program parenting untuk anak yang sangat berguna. Biasanya anak-anak takut kalau berada di lingkungan baru.

Bahkan bisa sampai menangis dan mengompol. Soalnya mereka nggak terbiasa dengan pelajaran, para guru, dan etika di sekolah. Apalagi banyak anak yang takut bergaul dengan teman-teman baru. Karena itulah diadakan foundation class. Dalam program ini, ada pembelajaran bersama antara anak dan orangtua.

Tujuannya supaya anak lebih cepat beradaptasi. Jadi seperti orientasi, tapi lebih ringan dan menyenangkan. Dijamin anak jadi betah di sekolah barunya.

Field Trip : Program Parenting untuk Anak

Program parenting untuk anak yang jadi favorit adalah field trip. Berupa darmawisata atau kunjungan ke tempat-tempat yang menunjang pembelajaran. Biasanya ke museum, pelabuhan, bandara, dan sebagainya. Jangan khawatir, Bunda bisa menemani anak selama program berlangsung. Jadi ini sekaligus hiburan untuk para ibu. Program yang nggak kalah seru adalah home activities.

Biasanya orangtua diundang untuk menginap bersama anak di sekolah. Bisa berupa kegiatan berkemah di halaman. Selain bermain bersama, kegiatannya adalah bimbingan tentang kegiatan rumah yang baik. Bingung cara menciptakan kondisi yang baik untuk anak di rumah? Tenang, semua bisa dipelajari di sini. Jangan lupa ikut ya, Bun.




Masih ada banyak program parenting untuk anak yang bisa diikuti. Bunda suka memasak? Yuk ikut program cooking on the spot. Dalam kegiatan ini, biasanya anak diajari untuk menyiapkan dan menghidangkan makanan bersama orangtua.

Tentu berguna untuk bekal membantu di rumah. Ada juga mini zoo, yaitu program mengadakan kebun binatang kecil di sekolah. Anak-anak akan diminta membawa binatang peliharannya dari rumah. Lalu semua dikumpulkan di sekolah. Setiap anak bisa belajar macam-macam binatang secara langsung. Mulai dari kucing, anjing, kelinci, burung, hingga kura-kura.

Sebisa mungkin selalu dampingi anak ya, Bun. Beri pengertian untuk memperlakukan binatang dengan baik. Jangan memukul, melempari dengan batu, atau menyiksanya dengan cara-cara lain. Ajari anak untuk menyayangi binatang dengan benar. Dengan begitu, dia akan tumbuh besar jadi orang yang baik.

Baca Juga :   Ini Dia Makanan Sehat Saat Menyusui Sang Baby

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.