Menjalankan Strategi Bisnis Online Yang Efektif

Sending
User Rating ( votes)

Menjalankan Strategi Bisnis Online Yang Efektif Mendengar bisnis online, mungkin kita tidak asing lagi dengan hal tersebut. karena memang hampir setiap hari kita melihat di instagram orang-orang melakukan jual beli barang lewat akun mereka.

Tapi dalam melakukan bisnis online ini tidak boleh sembarang, jika hal itu terjadi maka pasti bisnis kalian akan segera gulung tikar. Maka perlunya sebuah strategi bisnis online yang efisien untuk membuat bisnis kita bertahan lama dan juga semakin eksis.

Suatu bisnis atau usaha perlu namanya sebuah perencanaan atau maerketing. Lalu apakah arti dari marketing itu sendiri ?

Marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Suatu cara memasarkan bisnis online di internet juga termasuk kedalam sistem marketing.

Strategi bisnis online yang efektif menjadi keharusan bagi setiap pelaku bisnis untuk mulai mencari tahu kemudian menyusunnya menjadi sebuah konsep bisnis yang professional. Agar kemudian bisa dengan mudah untuk dilakukan secara step by step demi mencapai target bisnis yang telah ditentukan sebelumnya.




Strategi marketing online yang efektif memiliki cakupan yang sangat luas, bisa saja berlaku untuk mendongkrak kemajuan sebuah perusahaan, mempercepat dan memperbanyak penjualan serta berguna untuk melakukan brading secara personal.

Menjalankan Strategi Bisnis Online Yang Efektif

Strategi Bisnis Online Yang Efektif

Nah maka dari itulah perlunya memahami strategi marketing guna menunjang bisnis yang kita jalankan, jangan sampai gara-gara tidak memahami hal tersebut bisnis kalian tidak bisa jalan dan mengalami kegagalan. Beberapa strategi bisnis online yang efektif  perlu kalian semua pahami:

1. Riset Barang dan Pasar

Baca Juga :   Beberapa Bisnis Rumahan Tanpa Modal untuk Bunda

Strategi pertama sebelum anda melakukan pemasaran online adalah menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu, melihat persaingan yang ada dan mulai memfikirkan apakah kita bisa menyediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang sudah ada.

Jika anda merasa tidak sanggup, maka sebaiknya anda mundur, dan lakukan riset untuk barang lainnya, karena jika anda memakasa untuk berbisnis yang memiliki kesamaan dengan bisnis orang lain dengan pelayanan dan kelebihan yang tidak melebihi pihak pesaing maka sudah bisa dikatakan kalau bisnis kalain merugi.

2. Gali Kebutuhan Konsumen




Dalam melakukan riset, tugas anda bukan hanya mencari barang dengan keuntungan besar saja, melainkan anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu kebutuhan konsumen.

Maka berusahalah unutk memasarkan  produk yang memang bayak dibutukan oleh konsumen namun juga jangan mengabaikan strategi yang pertama ini akan lebih efektif alias tepat sasaran.

3. Bijaklah dalam Memberikan Solusi

Jika saat melakukan pemasaran produk Anda mengalami masalah pada calon pembeli yang mempermasalahkan mengenai mahalnya harga barang yang Anda jual, jangan sampai Anda terburu-buru unutk menurunkan harga, pertama-tama cobalah untuk memberikan solusi kepada calon pelanggan tersebut.

Intinya adalah jangan sampai kalian terkesan menipu calon pemebeli tersebut, jika harga yang  dipatok lebih mahal dari harga pasaran, maka jelaskan apa yang membuat barang tersebut mempunyai harga yang lebih tinggi, dan dengan begitu calon pemebeli akan mengerti dan mungkin akan memutuskan untuk membeli.




4. Pilih Kalimat Closing yang Tepat

Closing adalah bagian terpenting dalam dunia marketing, karena usaha Anda akan ditentukan pada tahap ini, apakah promosi Anda akan sia-sia atau tidak.

Karena jika Anda salah sedikit saja dalam memilih kalimat closing yang benar dam berpotensi untuk memojokkan calon pembeli, maka jangan menyesal jika calon pembeli tersebut kabur.

Baca Juga :   Usaha Modal 1 Juta, Modal Minimal Hasil Maksimal !

5. Berikan Pelayanan After Sales

Seorang Internet Marketers atau pemasar online, wajib untuk meguasai yang namanya layanan After Sales, karena tidak sedikit yang menggap tugasnya sudah selesai ketika telah berhasil menjual suatu barang.

Padahal jika kita mau memberikan pelayan ekstra maka, bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan kembali membeli barang kita, dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.

Keuntunga-keutungan untuk bisnis kalian jika sudah menggunakan marketing internet. Sebagai salah satu strategi bisnis online yang efektif maka perlunya para pelaku usaha untuk mengetahuinya.

Beberapa keuntungan adalah sebagai berikut :

  1. Lebih mudah, pemasaran secara online bisa dilakuakn kapanpun tanpa haru buang-buang kertas untuk membuat selebaran
  2. Menghemat biaya, nah dengan tidak perlu selebaran itu tentunya biasaya-pun dapat diminimalisis, pelaku bisnis online ini hanya memerlukan kuota internet
  3. Banyak pilihan dalam pemasaran
  4. Lebih tepat sasaran
  5. Melihat hasil secara real time
  6. Bisa melakukan perubahan kapan-pun, dapat melakukan perubahan secara cepat jika terjadi kesalahanan
  7. Penjualan terjadi secara cepat
  8. Meningkatkan keuntungan
  9. Memudahkan pengelolaan
  10. Membantu riset pasar.

Sebenarnya ada satu cara lagi yang cukup baik utnuk meningkatkan strategi bisnis online yang efektif  milik kalian, yaitu dengan memasarkan produk melalui Toko Online. Karena dengan adanya toko online maka membuktikan bahwa Anda serius dalam menjual sebuah produk, jadi tidak hanya melalui BBM atau Sosial Media saja.

Jadi mereka konsumen benar-benar melihat secara riil benda atau barang yang ingin dibeli secara online. Selain itu mungki juga akan banyak reseller yang berlangganan di toko online milik kalian itu.

Dalam menjalankan Strategi bisnis Online Yang efektif tentunya sesuatu itu harus disusun dengan beberapa rencana, dalam hal ini anda tidak bisa bekerja sendiri. Sebab metode dalam ilmu internet marketing online, yang berhubungan dengan dunia online memang lebih sulit untuk memastikan apakah memang mereka tahu tentang produk atau jasa yang kita tawarkan atau mungkin masih awam.

Baca Juga :   Resep Jajanan Murah untuk Dijual Ini Bisa Menguntungkan Bunda

Bisa dikatakan bahwa dunia online hanya dikenal bagi mereka kalangan menengah ke atas, untuk kalangan bawah mungkin akan sukar untuk memastikan mereka untuk memiliki produk yang anda jual. di sinilah letak dari Strategi Pemasaran Online harus di rencanakan.

Strategi bisnis online yang efektif ini bukan hanya sekedar wacana sesaat namun lebih dari itu, kita harus memikirkan jangka panjang untuk ke depan. sebab bila anda pikir untuk jangka pendek kemungkinan dana yang harus anda keluarkan tidak sedikit, mungkin besar dan tidak anda bayangkan sebelumnya.

Itulah kenapa dalam bisnis online anda membutuhkan stategi marketing yang benar-benar cisa diandalakan. Nah itulah mungkin sedikit ulasan tentang bisnis online, karena semakin menjamurnya bisnis online ini maka pesaing dari bisnis kalian juga semakin banyak maka perlunya inovasi dan juga strategi yang tepat guna untuk menjadikan bisnis kita tetap eksis.

Karena memang tidak hanya produk yang harus berbeda dari yang lain tetapi juga cara pemasaran yang lebih menarik mungkin akan mampu mendatangkan konsumen dan berlangganan pada usaha kalian semua.

Maka jangan berhenti untuk selalu belajar dan mencari inovasi-inovasi terbaru yang mendukung ubisnik yang sedang kalian semua geluti dan Semoga informasinya bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.