Tahap Perkembangan Janin Yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Sending
User Rating ( votes)
Comments Rating ( reviews)

Tahap Perkembangan Janin Kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi jika kehamilan tersebut sudah dinanti-nantikan sejak lama. Ketika sudah memasuki masa kehamilan, biasanya calon ibu akan terus memperhatikan tahap perkembangan janin secara mendetail. Hal tersebut dilakukan guna mengontrol diri apa saja yang boleh dimakan dan yang tidak, aktivitas apa saja yang dapat memperkuat kandungan dan yang membahayakan kandungan. Untuk mengetahui setiap perkembangan tahapannya, di zaman modern seperti ini bunda dapat menggunakan aplikasi khusus ibu hamil, dengan aplikasi tersebut setiap tahapan dari perkembangan kandungan bunda akan dipantau dan diberikan berbagai informasi secara lengkap, mulai dari ukuran janin, perkembangan organ janin dan risiko yang kemungkinan terjadi jika kandungan tidak dijaga sungguh-sungguh.

Tahap Perkembangan Janin Yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Sebagai informasi untuk para bunda yang ingin mengetahui bagaimana tahap perkembangan janin, berikut akan dipaparkan tahap demi tahap mulai dari minggu ke-1. Minggu ke-1 merupakan minggu awal kehamilan, di usia ini kondisi kandungan masih sangat lemah dan rawan. Janin dalam minggu ini belum terbentuk, karena kromosom sperma dan sel telur baru menyatu untuk kemudian membentuk sebuah genetik cikal bakal janin. Minggu ke-2, memasuki minggu ke-2 barulah barulah sel telur mengalami pembelahan, sel-sel mulai terbagi dan berjalan ke arah rahim sebelum akhirnya melekat.

Tahap perkembangan janin yang selanjutnya adalah minggu ke-3. Memasuki minggu ketiga ini zigot sudah benar-benar menempel pada rahim dan ukurannya sekitar 0,1 mm. Barulah memasuki minggu ke-4 hormon kehamilan mulai dirasakan ibu, pada bulan keempat ini jika Anda melakukan tes kehamilan. Maka, hasilnya akan positif. Tahapan minggu ke-5 janin di dalam perut sudah membentuk susunan saraf yang nantinya akan menjadi otak, tulang belakang dan rambut. Memasuki minggu ke-6 jantung janin mulai berdetak, sistem pencernaan dan pernafasan pun sudah mulai terbentuk. Minggu ke-7 jantung janin sudah terbagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, saluran udara yang ada di paru-paru juga sudah mulai berjalan, bagian tangan dan bahu mulai terbentuk.

Rutin Cek Perkembangan Janin

Begitu seterusnya, setiap minggunya tahap perkembangan janin selalu mengalami peningkatan. Menjadi seorang calon orang tua, bunda harus peka terhadap berbagai perubahan yang terjadi dalam kandungan ya bun. Perbanyaklah membaca buku-buku kehamilan untuk mengetahui berbagai tips menjaga kehamilan di setiap trimesternya. Jika ada sesuatu yang tidak wajar pada kehamilan bunda, segera menghubungi bidan atau dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain menjadi calon ibu yang peka, bunda juga harus menjadi calon orang tua yang tanggap.

Ketika memasuki minggu ke 24 dan seterusnya, bunda dapat menstimulasi otak janin dalam kandungan. Dengarkan musik-musik klasik untuk janin, atau bagi bunda yang beragama islam dapat mendengarkan murrotal al-qur’an pada janin Anda secara rutin. Maupun setiap hari dan sesering mungkin. Pada usia kandungan seperti ini janin sudah dapat merespon berbagai suara. Sering-seringlah ajak bayi dalam kandungan mengobrol ia sudah mengenali suara orang-orang di sekitarnya termasuk suara merdu bunda sebagai ibunya.




Perkembangan janin yang tidak normal banyak disebabkan karena kurangnya pengetahuan si ibu, bagimana merawat janin selama masih ada di dalam kandungan. Sebab, setiap tahap perkembangan janin perilaku atau perawatan yang dilakukan berbeda-beda, setiap harinya janin di dalam kandungan akan terus berkembang. Sebagai orang tua, bunda harus mulai memperhatikan secara seksama setiap perkembangannya, jangan melewatkan dan meremehkan satu haripun.

Baca Juga :   Menu Cerdas Untuk Mpasi Pertama Buah Hati Bunda

Related Posts

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.