Tanda Tanda Hamil Trimester Pertama, Kedua, dan Anak Kembar

Sending
User Rating ( votes)

Tanda Tanda Hamil Trimester Pertama

Tanda Tanda Hamil Trimester Petama Trimester Kedua Trimester Terakhir Anak Kembar

1. Rasa Mual Tiba-Tiba

Tanda tanda hamil yang pertama yaitu rasa mual tiba-tiba. Rasa mual yang muncul pada awal kehamilan bahkan bisa juga sampai muntah.

Pada saat rasa ingin muntah parah, sangat disarankan untuk beristirahat dan melakukan suatu hal yang bisa melepas stress.

2. Peka Terhadap Bau-Bauan dan Perubahan Kesukaan Makanan

Mual di pagi hari adalah gejala awal kehamilan. Biasanya, wanita yang sedang hamil mual karena mereka terlalu peka terhadap bau-bauan. Bahkan, terkadang parfum yang mereka sukai pun bisa menyebabkan mual karena sedang hamil.

Selain itu, kehamilan juga menyebabkan perubahan pada kesukaan makanan, namun gejala ini hanya berlangsung sementara. Ibu yang sedang hamil juga biasanya lebih suka makan makanan dingin daripada yang panas.




3. Mengantuk dan Lebih Sering Ingin Tidur

Jika badan Anda terasa berat dan rasanya ingin tidur terus, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda tanda hamil. Saat Anda ingin melakukan pekerjaan tapi rasanya sangat lemas dan ngantuk, jangan dipaksakan untuk melakukan pekerjaan tersebut, lebih baik Anda beristirahat saja.

4. Sakit Kepala

Saat awal kehamilan sampai pertengahan, memang sakit kepala sering terjadi. Sebab, hormon progesteron mempunyai efek memperlebar pembuluh darah, sehingga Anda akan mudah sekali untuk sakit kepala, Anda hanya perlu melakukan peregangan.

Namun, jika sakit kepala yang Anda rasakan parah, Anda mungkin bisa mengkonsumsi obat peringan sakit kepala namun dengan anjuran dokter karena Anda sedang hamil.

5. Sering Ingin Buang Air Kecil

Wanita yang sedang hamil memang sering merasakan ingin buang air kecil. Jika Anda sering merasakan hal tersebut, sebaiknya jangan ditahan, karena bisa menyebabkan radang kandung kemih.

Baca Juga :   Tips Menjalani Kehamilan Pertama Yang Mendebarkan

6. Anemia

Pada saat Anda hamil, jumlah cairan darah di tubuh akan bertambah sehingga darah akan encer. Sebaiknya Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar tidak anemia, contohnya ikan merah.

Meskipun begitu, Anda juga harus mengonsumsi obat penambah zat besi untuk mencegah kurang darah sering terjadi. Namun jika Anda mengalami kurang darah kronis, ada lebih baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

7. Suhu Badan Meningkat

Suhu badan tinggi yang bisa mencapai 37 derajat Celsius memang bisa terjadi. Tapi, gejala ini akan hilang di usia kehamilan 15 – 20 minggu.




8. Mudah Menangis dan Emosi Tidak Stabil

Kondisi yang sering terjadi adalah mudah khawatir terhadap berbagai hal. Anda juga akan menjadi sangat mudah menangis dan jarang bisa mengontrol perasaan.

Tanda Tanda Hamil Trimester Kedua

1. Berat Badan Ibu Naik

Biasanya, saat kehamilan sudah pada trisemester kedua, tanda tanda hamil yaitu Anda akan merasa ingin makan terus sehingga perut Anda akan semakin membesar.

Ibu hamil akan menjadi tambah gemuk dan berat badan akan naik. Namun, ada baiknya Anda mengontrol agar tidak terjadi obesitas.

2. Kondisi Tubuh Ibu Mulai Nyaman

Berbeda dengan tanda tanda hamil di trimester pertama, di trimester kedua ini, ibu hamil akan mulai merasa nyaman karena sudah beradaptasi. Selain itu, rasa nyaman juga didukung dengan aliran darah yang lancar.

3. Nafsu Makan Semakin Berlebih

Berbeda dengan trimester pertama yang sering mual, tanda tanda hamil di trimester kedua ini, ibu hamil akan merasa nafsu makan semakin meningkat. Hal tersebut juga didukung adanya kebutuhan nutrisi yang harus dicukupi.




4. Kondisi Emosi Ibu Mulai Stabil

Saat memasuki trimester kedua ini, emosi Ibu hamil akan lebih stabil dan tidak mudah menangis lagi. Ibu hamil di trimester kedua ini akan mengalami tanda tanda hamil yang mudah menahan emosi dan tidak terlalu sensitif seperti di trimester pertama.

Baca Juga :   Keluhan Saat Menyusui yang Sering Dirasakan, Nomor 3 Bahaya !

5. Sering Buang Air Kecil

Sama seperti trimester pertama, Ibu hamil akan sering merasa ingin buang air kecil. Namun rasa ini bisa hilang jika fungsi dari kantung kemih berfungsi dengan benar.

Tanda Tanda Hamil Anak Kembar

1. Mual dan Muntah Berlebihan

Sepertinya, semua Ibu yang mengalami tanda-tanda hamil pasti mual dan muntah. Namun, gejala di Ibu yang hamil anak kembar, muntahnya akan berlebihan.

Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon yang lebih besar di kehamilan kembar dibanding dengan kehamilan tunggal.

2. Ukuran Perut Lebih Besar di Awal Kehamilan

Biasanya, hamil anak kembar sudah bisa diketahui saat usia kehamilan mencapai enam sampai tujuh minggu. Hal tersebut terjadi karena perkembangan janin kembar akan mendorong ukuran perut ibu hamil sehingga akan nampak lebih besar.

Selain itu karena ada dua janin di rahim ibu hamil, meskipun masih masuk ke trimester pertama, ukuran perut Ibu sudah seperti hamil di trimester kedua.

3. Morning Sickness Ekstrim

Morning Sickness memang tanda-tanda hamil yang sering terjadi. Namun, karena terjadi perubahan hormon yang tinggi di kehamilan kembar, ibu hamil bisa mengalami morning sickness yang ekstrim dan sangat parah.

Bahkan, Ibu hamil juga bisa mengalami lesu, sakit kepala, bahkan bisa pingsan. Dalam istilah medis, hal ini bisa disebut dengan hiperemesis gravidarum.

4. Sering Buang Air Besar dan Kecil

Sering buang air besar dan kecil bisa terjadi karena kadar HCG meningkat dan adanya perubahan tekanan dalam rahim. Ibu yang mengalami hamil anak kembar akan mengalami gejala ini tapi sangat berlebihan.

Terkadang, ada juga beberapa ibu hamil kembar yang merasa tidak bisa istirahat karena selalu ingin pergi ke kamar kecil. Biasanya gejala ini sudah terjadi sejak usia janin baru beberapa minggu.

Baca Juga :   Menghitung Usia Kehamilan Saat Hamil Muda

5. Emosi yang Tidak Stabil

Tanda ini sama seperti tanda kehamilan tunggal di trimester pertama. Namun, Ibu yang hamil anak kembar akan mengalami kejadian yang lebih parah.

Karena emosi yang tidak stabil, ibu hamil anak kembar akan sering menangis, mudah marah, dan merasa sangat membutuhkan perhatian yang lebih serta akan mudah tersinggung.

6. Tubuh Sangat Lelah

Biasanya, Ibu hamil kembar akan merasa sangat lelah, dan tubuh terlihat sangat tidak bertenaga. Ibu hamil kembar juga akan sulit untuk melakukan berbagai aktifitas dengan bebas karena tubuh merasa sangat lelah.

Kebanyakan Ibu hamil anak kembar selalu ingin duduk atau tiduran saja dan malas untuk melakukan suatu pekerjaan rumah.

7. Janin Bergerak Lebih Awal

Berbeda dengan kehamilan tunggal, di kehamilan kembar ini pada usia kehamilan 15 atau 16 minggu saja, Ibu hamil kembar sudah bisa merasakan gerakan janin yang lebih kuat.

Hal ini yang paking menandakan kalau Anda hamil anak kembar, sebab tanda ink tidak akan ditemukan pada ibu yang hamil tunggal.

Adanya dua janin di dalam rahim Ibu yang membuat gerakan sekecil apapun, pasti bisa dirasakan oleh Ibu hamil. Memang gerakan ini belum nampak dari luar, karna hanya Ibu tersebut yang biaa merasakan.

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.