Tips Bekerja dan Mengurus Anak untuk Working Mother

Sending
User Rating ( votes)

Tips Bekerja dan Mengurus Anak Working mother atau ibu yang bekerja sering susah membagi waktu. Banyak sekali hal yang harus dikerjakan. Mulai dari merapikan rumah, mengurus anak, mendampingi suami, sampai banting tulang untuk bekerja.

Apalagi kalau nggak punya pembantu rumah tangga. Ada kalanya nggak semua tugas bisa dikerjakan. Pasti rasanya sangat capek dan kesal. Jangan patah semangat ya, Bun.

Sebetulnya ada tips bekerja dan mengurus anak sekaligus. Kalau mengikutinya, Bunda pasti bisa mengatur waktu dengan lebih baik. Tenaga dan waktu pun nggak terbuang percuma. Apa saja sih tipsnya? Yuk kita bahas satu per satu supaya jelas.

Tips Bekerja dan Mengurus Anak

1. Menyusun Jadwal Kegiatan Sehari-Hari

Supaya bisa melakukan semua kegiatan penting, Bunda perlu menyusun jadwal harian. Buat skala prioritas untuk setiap peran. Pilih mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak. Misalnya saja, Bunda bekerja di kantor setiap hari. Susun skala prioritas pekerjaan dengan baik.

Lakukan pekerjaan penting seawal dan secepat mungkin. Bagaimana dengan pekerjaan yang kurang penting, tapi tetap harus dilakukan? Kerjakan saja setelah tugas terpenting selesai.




Selain itu, belajarlah untuk menolak kegiatan yang nggak penting. Misalnya kumpul-kumpul seusai pulang kerja, arisan dengan sesama rekan, dan sebagainya.

Lebih baik langsung pulang supaya bisa melakukan pekerjaan rumah tangga. Buat skala prioritas yang sama untuk rumah. Kalau mengikuti tips bekerja dan mengurus anak ini, Bunda nggak akan kehabisan waktu.

2. Kalau Bisa, Mintalah Bantuan Dari Orang Lain

Tips bekerja sambil mengurus anak yang selanjutnya melibatkan orang lain. Bisa suami, orang tua, atau teman yang sedang senggang. Nggak perlu segan untuk meminta bantuan mereka.

Mengasuh anak bukan tugas istri sendiri. Suami juga perlu berperan. Bisa mengganti popok anak, menyuapi, atau membantu cuci piring dan baju. Itu akan sangat meringankan tugas working mother.

Kalau suami nggak bisa karena sama-sama bekerja, coba minta bantuan orang tua. Titipkan anak sebentar saat harus bekerja. Jangan lupa untuk berterima kasih dengan layak. Kalau punya uang berlebih, bisa juga menyewa pengasuh anak.

3. Membuat Daftar Menu Masakan

Waktu hari libur, coba rencanakan daftar menu selama seminggu. Pilih makanan yang bernutrisi dan gampang disiapkan. Setelah itu, ajak suami untuk berbelanja bersama. Belilah bahan makanan untuk seminggu sekaligus. Jadi nggak perlu berbelanja setiap hari. Simpan semua bahan dengan baik supaya awet.

Kalau sempat, cicil masakan yang bisa dibekukan. Misalnya saja siomay. Bunda bisa memasak banyak siomay sekaligus, lalu membekukannya di lemari es. Tinggal dipanaskan saat mau dimakan. Nggak perlu waktu lama untuk menyiapkannya.




Sepulang kerja, Bunda bisa memasak dengan cepat. Tips bekerja dan mengurus anak ini sangat berguna. Dijamin bisa menghemat waktu untuk melakukan kegiatan lainnya.

5. Yuk Manfaatkan Kecanggihan Teknologi Untuk Menghemat Waktu

Bingung karena harus mengerjakan banyak hal? Tenang saja, Bun. Ikuti tips bekerja dan mengurus anak ini. Cobalah manfaatkan kecanggihan teknologi untuk menghemat waktu.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Misalnya saja berbelanja dan membeli makanan. Gunakan aplikasi yang menyediakan jasa tersebut. Jadi nggak perlu repot-repot pergi ke pasar, supermarket, atau warung makan.

Gunakan juga untuk membeli obat-obatan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Selain itu, Bunda juga bisa membayar tagihan secara online. Mulai dari tagihan listrik, telepon, internet, hingga melakukan transfer ke berbagai rekening. Waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mengurus anak dan suami.

Baca Juga :   Hal Yang Harus Diingat Saat Bertengkar Dengan Pasangan




Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.